Kompas TV internasional kompas dunia

Negara Bagian Indiana Berencana Cabut Aturan Memakai Masker

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 08:27 WIB
negara-bagian-indiana-berencana-cabut-aturan-memakai-masker
Gubernur Indiana Eric Holcomb berencana mencabut aturan memakai masker dalam dua minggu ke depan. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

INDIANAPOLIS, KOMPAS.TV - Gubernur Negara Bagian Indiana, Amerika Serikat, berencana untuk mencabut aturan bermasker di seluruh negara bagian tersebut. Selain itu, aturan pembatasan terkait Covid-19 pun akan dicabut dalam waktu dua minggu ke depan.

Gubernur Indiana Eric Holcomb mengatakan dalam pidatonya, Selasa (23/3/2021) bahwa pasien rawat inap dan kematian akibat Covid-19 di negara bagian tersebut telah menurun. Selain itu, jumlah orang-orang yang telah divaksinasi penuh juga meningkat tajam.

Holcomb mengatakan dia berharap negara bagian Indiana akan melihat ujung ekor dari pandemi, yang telah menewaskan hampir 13.000 orang di negara bagian tersebut.

Baca Juga: Negara Bagian Texas Cabut Kewajiban Memakai Masker

Namun demikian, Holcomb mengatakan pejabat lokal masih memiliki wewenang untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat untuk menekan penyebaran Covid-19 dalam komunitas mereka.

Selain itu, penggunaan masker masih diperlukan di sekolah hingga sisa tahun ajaran ini. Karena itu, dia mendesak penduduk untuk tetap mengenakan masker di bar dan restoran.

Holcomb menghadapi tekanan publik dan dari anggota parlemen negara bagian untuk melonggarkan aturan pembatasan sosial. Terlebih, Gubernur Texas dan beberapa negara bagian lain telah mencabut aturan memakai masker lebih dulu.

Baca Juga: Biden Bicara Soal Serangan Roket di Irak dan Pencabutan Kewajiban Memakai Masker di Texas

Tetapi beberapa ahli kesehatan mengkhawatirkan bahwa pencabutan aturan ini masih terlalu dini untuk diterapkan.

"Kami memberlakukan banyak pembatasan tahun lalu, ada beberapa keraguan awal oleh masyarakat untuk mematuhi perintah tersebut," kata Brian Dixon, seorang ahli epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Fairbanks Universitas Indiana.

"Dan kemudian apa yang kami lihat di musim gugur lalu adalah melonjaknya kasus Covid-19, karena orang-orang tidak melakukan tindakan pencegahan," ujarnya seperti dikutip dari the Associated Press.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x