Kompas TV internasional kompas dunia

Palestina Umumkan Pelonggaran Kebijakan Karantina Wilayah atau Lockdown Selama Dua Pekan

Kompas.tv - 21 Maret 2021, 17:05 WIB
palestina-umumkan-pelonggaran-kebijakan-karantina-wilayah-atau-lockdown-selama-dua-pekan
Palestina pada Sabtu (20/03/2021) mengumumkan pelonggaran sebagian dari kebijakan karantina wilayah (lockdown) penuhnya saat ini, termasuk pembukaan kembali toko dan restoran (Sumber: AP Photo/Khalil Hamra)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Palestina pada Sabtu (20/03/2021) mengumumkan pelonggaran sebagian dari kebijakan karantina wilayah (lockdown) penuhnya saat ini, termasuk pembukaan kembali toko dan restoran.

Seperti dilansir Xinhua, Minggu (21/03/2021), juru bicara pemerintah Palestina di Tepi Barat Ibrahim Melhem mengatakan, langkah baru itu akan diterapkan selama dua pekan.

Sementara toko dan restoran diizinkan untuk dibuka kembali, namun tetap menerapkan langkah-langkah kesehatan yang ketat dengan kapasitas maksimum 30 persen dari staf mereka.

Kafe hanya diperbolehkan buka untuk layanan pesan antar. Bank diminta untuk beroperasi dengan menerapkan langkah darurat dan sesuai dengan instruksi dari Otoritas Keuangan Palestina. Sektor industri harus beroperasi dengan kapasitas maksimum 30 persen dari staf mereka, tambahnya.

Namun, Melhem mengatakan, lockdown penuh akan diberlakukan di seluruh Tepi Barat pada setiap Jumat dan Sabtu dan pergerakan semua jenis kendaraan akan dilarang. Dia mengatakan jam malam akan tetap diberlakukan, dan semua toko akan tutup kecuali apotek dan toko roti.

Baca Juga: Israel Minta Palestina Batalkan Pemilu jika Hamas Terlibat, Mahmoud Abbas Langsung Menolak

Palestina pada Sabtu (20/03/2021) mengumumkan pelonggaran sebagian dari kebijakan karantina wilayah (lockdown) penuhnya saat ini, termasuk pembukaan kembali toko dan restoran  (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan, vaksinasi massal virus corona akan dimulai pada Minggu (21/03/2021) pagi waktu setempat di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Program vaksinasi itu akan dimulai dengan menyuntikkan vaksin kepada tenaga kesehatan di rumah sakit umum dan swasta, orang-orang berusia di atas 75 tahun, serta pasien yang menderita penyakit ginjal dan kanker, papar pihak kementerian.

Palestina pada Rabu (17/03/2021) menerima batch pertama vaksin virus corona dari program Covax Global untuk negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah. Batch pertama vaksin tersebut terdiri dari sekitar 62.000 dosis, termasuk 38.000 dosis vaksin Pfizer/BioNTech dan 24.000 vaksin AstraZeneca.

Baca Juga: Israel Ingin Bangun Taman Raja, 1.550 Lebih Warga Palestina akan Kehilangan Rumahnya

Seorang bocah lelaki memegang bendera Palestina setelah pasukan Israel menghancurkan tenda dan bangunan lain di dusun Khirbet Humsu di Lembah Jordan, Tepi Barat, Rabu, 3 Februari 2021. (Sumber: Associated Press)

Covax Global merupakan inisiatif global yang bertujuan memberikan akses yang adil terhadap vaksin virus corona, yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO dan para mitranya.

Pada Sabtu, Palestina melaporkan 1.780 kasus baru Covid-19, 27 kematian dan 1.695 pasien sembuh dalam 24 jam terakhir, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Saat ini, 192 pasien Covid-19 masih berada di unit perawatan intensif (ICU), imbuh kementerian itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x