Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Ingin Bangun Taman Raja, 1.550 Lebih Warga Palestina akan Kehilangan Rumahnya

Kompas.tv - 20 Maret 2021, 10:56 WIB
israel-ingin-bangun-taman-raja-1-550-lebih-warga-palestina-akan-kehilangan-rumahnya
Kota Yerusalem, ibu kota suci tiga agama yang diperebutkan Palestina dan Israel (Sumber: Thinkstock)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Fadhilah

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Israel kembali bertindak sewenang-wenang dalam usaha mereka untuk membangun taman di daerah Al-Bustan, Silwan.

Mereka akan melakukan penggusuran massal lebih dari 100 rumah warga Palestina untuk memuluskan pembangunan tersebut.

Seperti dilaporkan Arab48, Rabu (17/3/2020), sekitar 1.550 warga Palestina, termasuk 800 anak-anak tak akan memiliki tempat tinggal.

Baca Juga: Pertemuan Tingkat Tinggi AS-China Berlangsung Panas, Diwarnai Saling Tuduh

Warga Palestina sebelumnya juga telah memberikan alternatif untuk pembangunan taman daripada menghancurkan rumah mereka. Namun, hal tersebut ditolak pihak Israel.

Sebelumnya Israel juga setuju akan memberikan tanah kepada warga Palestina yang tergusur untuk membangun rumah baru.

Baca Juga: Usai Disebut Pembunuh, Putin Minta Bicara dengan Biden via Telepon Secara Terbuka

Namun, mereka kemudian menarik kembali keputusan tersebut. Hal itu pun mendapat tentangan dari Komite Pertahanan Silwan.

“Jika tak dihentikan akan menjadi sinyal berbahaya untuk mengubah kebijakan wilayah dari individual ke penggusuran massal dan bagi warga Palestina di Yerusalem timur ini tanda dari penghancuran, perelokasian dan memindahkan seluruh penduduk di Yerusalem sebagai usaha mengosongkan kota dari warga Palestina,” ujar anggota komite Abu Diab dikutip dari Middle East Monitor.

Baca Juga: Kecam Keputusan Kim Jong-un, Malaysia Minta Diplomat Korea Utara Hengkang dalam 48 Jam

“Ini merupakan tantangan yang jelas bagi komunitas internasional, hukum internasional, dan pengadilan kriminal internasional, begitu juga dengan pemerintahan baru (Joe) Biden di Washington,” tambahnya.

Pengaman HAM Euro-Mediterania mengungkapkan bahwa usaha Israel ini merupakan usaha penghancuran besar dan operasi pemindahan yang melawan populasi dan menjadi bagian dari pembersihan etnis serta kejahatan perang.

Pihak Israel sendiri berencana membangun Taman Raja di daerah tersebut, yang menurut mereka pada ribuan tahun lalu adalah lokasi dari taman Raja Israel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x