Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Tanzania Meninggal Dunia, Semasa Hidup Mengingkari Covid-19

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 12:02 WIB
presiden-tanzania-meninggal-dunia-semasa-hidup-mengingkari-covid-19
Presiden Tanzania John Magufuli (tengah) semasa hidup dikenal sebagai orang yang skeptis terhadap Covid-19. Ia tutup usia pada Rabu (17/3/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

DAR ES SALAM, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Tanzania Samia Suluhu mengumumkan kematian Presiden John Magufuli, Rabu (17/3/2021). Semasa hidup, dia dikenal sebagai seorang yang skeptis terhadap  Covid-19.

Wakil presiden mengatakan bahwa Magufuli meninggal di sebuah rumah sakit di Dar es Salaam, yang merupakan ibukota dan kota terbesar di Tanzania. Dia berusia 61 tahun ketika tutup usia.

Baca Juga: Presiden Tanzania Menghilang Secara Misterius, Pernah Sebut Tak Percaya Covid-19

"Warga negara yang terkasih, dengan kesedihan yang luar biasa saya memberi tahu Anda bahwa hari ini, pada tanggal 17 Maret 2021, sekitar jam 6 sore kami telah kehilangan pemimpin pemberani kami, Presiden Republik Bersatu Tanzania, Yang Terhormat Dr. John Pombe Joseph Magufuli yang telah meninggal dunia karena penyakit jantung di rumah sakit Mzena di Dar es Salam dimana dia menerima perawatan,” ujar Wakil Presiden Tanzania Samia Suluhu seperti dikutip dari The Associated Press.

Magufuli sebelumnya telah cukup lama menghilang dari depan umum. Dia tak muncul di depan publik sejak akhir Februari dan pejabat tinggi pemerintah telah membantah bahwa dia dalam kondisi kesehatan yang buruk.

Baca Juga: Suasana Ramadhan di Afrika Timur Tanzania

Magufuli adalah salah satu penyangkal Covid-19 paling menonjol di Afrika. Tahun lalu dia mengatakan bahwa Tanzania telah memberantas Covid-19 melalui tiga hari doa nasional.

Tanzania hingga kini belum melaporkan penghitungan kasus Covid-19 sejak April 2020.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x