Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Tanzania Menghilang Secara Misterius, Pernah Sebut Tak Percaya Covid-19

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 17:57 WIB
presiden-tanzania-menghilang-secara-misterius-pernah-sebut-tak-percaya-covid-19
Presiden Tanzania John Magufuli saat berkunjung ke Kenya pada 2016. (Sumber: AFP / SIMON MAINA)
Penulis : Rizky L Pratama

DODOMA, KOMPAS.TV – Presiden Tanzania John Magufuli, keberadaannya kini menjadi misteri setelah terakhir muncul di depan publik pada 27 Februari.

Magufuli yang mengaku tak percaya Covid-19 ini terakhir terlihat saat menghadiri acara pengambilan sumpah menteri luar negeri di Dar Es Salaam.

Magufuli yang menjabat presiden Tanzania sejak 2015 itu memang jadi sorotan akibat sikapnya yang tidak mempercayai wabah Covid-19.

Baca Juga: Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi Bagi Anggota Keluarga Pemimpin Militer Myanmar dan Perusahaannya

Meski begitu, Tanzania pada 16 Maret 2020 sebenarnya melaporkan adanya kasus persana Covid-19. Namun, Magufuli menganggapnya enteng.

Pada 22 Maret 2020, Presiden berusia 61 tahun itu memberikan pidato di Dodoma dan mengeklaim pandemi takkan bisa menyakiti Tanzania yang mayoritas beragama Kristen.

" Virus corona itu seperti Iblis, tidak akan bisa menembus tubuh (Yesus) Kristus. Dia akan terbakar seketika," klaimnya.

Baca Juga: Michelle Obama Tergila-Gila Merajut, Tapi Bukan Hubungan, Melainkan Sweater Mas Suami, Barack Obama

Lalu pada Juni 2020, Magufuli mengumumkan bahwa negara dengan populasi 60 juta itu sudah “bebas”dari wabah berkat doa yang dilakukan selama tiga hari.

Di kala negara-negara tetangga di Afrika memperketat perbatasan, dia menolak memberlakukan lockdown dan menyerukan bahwa para wisatawan dunia aman saat berkunjung ke negaranya.

Tak hanya itu, ketika alat tes Covid-19 mulai datang, magufuli dengan tegas menolak dan mengatakan alat itu adalah kegagalan.

Baca Juga: UNICEF: 12.000 Anak Suriah Terbunuh dan Terluka Selama 10 Tahun Perang




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x