Kompas TV internasional kompas dunia

Ketika Cerita Nenek Berhasil Membantu Polisi Sikat Sindikat Narkoba

Kompas.tv - 14 Maret 2021, 23:21 WIB
ketika-cerita-nenek-berhasil-membantu-polisi-sikat-sindikat-narkoba
Ilustrasi narkoba (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo

ROMA, KOMPAS.TV - Sindikat narkoba mafia di Calabria Selatan berhasil dibongkar oleh pihak kepolisian Italia. Pihak berwenang sukses membekuk sindikat tersebut berkat cerita dari seorang nenek.

Seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (14/03/2021) sebelumnya sang nenek bercerita kepada pihak kepolisian untuk menyelamatkan cucunya dari perdagangan benda haram tersebut.

"Nenek datang ke Carabinieri (polisi). Meminta mereka menyelamatkan cucunya dari dunia narkoba," ujar Kolonel Piero Sutera, Komandan Carabinieri setempat dalam konferensi persnya.

Baca Juga: Polisi Spanyol Gagalkan Rencana Penyelundupan Narkoba Via Kapal Selam Berkapasitas 2,2 Ton Kargo

Polisi mendapatkan petunjuk untuk membongkar praktik mafia itu dari cerita yang nenek sampaikan. Hasilnya, polisi berhasil menyikat 18 orang yang dicurigai menjual narkoba di sekitar distrik Calabria, Cetraro. Mereka yang ditangkap merupakan bagian klan Muto.

Dinilai sebagai mafia yang terkuat di dunia, klan terkenal di 'Ndrangheta itu memiliki bisnis utama di bidang narkotika.

Penyelidik mengungkap kokain dalam jumlah besar yang klan Muto peroleh merupakan dari perantara di wilayah Calabria dan sebanyak 250 transaksi jual beli narkoba ditemukan.

Baca Juga: Nenek Berusia 69 Tahun yang Lahirkan Bayi Kembar Empat Tahun Lalu, Gagal Dapatkan Hak Asuh Anaknya

Tak hanya mengurusi bisnis narkoba, klan Muto turut terlibat dalam pemerasan pebisnis pariwisata. Salah seorang korban klan tersebut sempat meminta bantuan pihak kepolisian.

Nicola Gratteri, jaksa anti-mafia dalam pemberitaan Gazzetta del Sud mengatakan banyak orang telah menderita dan jengah melihat tingkah penjahat yang memeras uang.

"Sebagian uang hasil pemerasan masuk ke kantong anggota klan di penjara dan keluarga," ujar Nicola.

Baca Juga: Kota Napoli di Italia Gelar Sayembara Pembuatan Patung Maradona




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x