Kompas TV internasional kompas dunia

Istri Kim Jong Un Akhirnya Muncul di Hadapan Publik, Setelah Tak Terlihat Selama Lebih dari Setahun

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 05:23 WIB
istri-kim-jong-un-akhirnya-muncul-di-hadapan-publik-setelah-tak-terlihat-selama-lebih-dari-setahun
Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang bernama Ri Sol Ju (kiri) akhirnya muncul kembali ke hadapan publik pada Selasa (16/2/2021) setelah menghilang dari sorotan media selama satu tahun terakhir. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Ri Sol Ju, yang merupakan istri dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, akhirnya kembali muncul ke hadapan media Korea Utara. Kemunculannya ini merupakan pertama kalinya dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Pada Rabu (17/2/2021) pagi, Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) merilis serangkaian sembilan foto yang menunjukkan Ri duduk di sebelah Kim pada sebuah pertunjukan pada hari Selasa (16/2/2021) untuk menandai ulang tahun kelahiran mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il.

Terakhir kali Ri Sol Ju ditampilkan oleh media pemerintah Korea Utara adalah pada 26 Januari 2020. Saat itu dia dan Kim Jong Un tengah menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: Gagal Selamatkan Ekonomi, Kim Jong Un Pecat Pejabat yang Baru Menjabat Sebulan

Bagi media pemerintah Korea Utara, merilis foto atau video satu hari setelah sebuah acara merupakan hal yang umum.

Ri Sol Ju menarik perhatian internasional ketika dia pertama kali muncul pada tahun 2012, karena pemimpin Korea Utara sebelumnya Kim Jong Il biasanya tidak pernah muncul bersama istri atau pasangannya di media pemerintah yang tersedia untuk penonton asing.

Kemunculan awal Ri juga mengejutkan, tidak hanya bagi orang asing tetapi juga bagi warga Korea Utara. Karena media pemerintah, pada awalnya tidak menyebutkan secara pasti apa hubungannya dengan Kim.

Selama bertahun-tahun, Ri menjadi perlengkapan rutin dalam gambar berita media di Korea Utara. Ia juga ikut berpergian dengan Kim Jong Un saat mengunjungi China.

Baca Juga: Korea Utara Mencoba Retas dan Curi Informasi Vaksin Covid-19

Namun dalam satu tahun terakhir, dia tiba-tiba menghilang dari tangkapan media. Hingga saat ini belum ada penjelasan tentang ketidakhadirannya dalam sorotan media selama satu tahun terakhir.

Pada hari Rabu, KCNA merilis satu gambar Kim Jong Un sedang mengunjungi mausoleum tempat mantan pemimpin Korea Utara berada di negara bagian tersebut.

Korea Utara biasanya menunjukkan kunjungan Kim ke makam pada hari yang sama. Kali ini pemberitaan media lebih lambat dari biasanya.

Baca Juga: Kim Jong Un Siap Kirim Warganya ke Kamp Kerja Paksa jika Ketahuan Pakai Bahasa Gaul Korsel

Tahun lalu, setelah tidak ada laporan tentang kunjungan mausoleum Kim pada tanggal biasa di bulan April, media asing berspekulasi selama berminggu-minggu tentang kesehatan Kim. Kemudian akhirnya dia muncul lagi dalam acara pembukaan sebuah pabrik pada awal bulan Mei.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x