Kompas TV internasional kompas dunia

NASA Bersiap Uji Coba Terbangkan Helikopter di Planet Mars. Penasaran? Yuk Simak

Kompas.tv - 16 Februari 2021, 10:57 WIB
nasa-bersiap-uji-coba-terbangkan-helikopter-di-planet-mars-penasaran-yuk-simak
Wahana helikopter bernama Ingenuity yang akan uji coba terbang di planet Mars. (Sumber: NASA - JPL Caltech)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Lebih satu abad lalu, manusia bisa menerbangkan sesuatu pertamakalinya dengan bantuan mesin. Kini NASA ingin membuktikan manusia bisa kembali melakukan itu, tapi di planet Mars.

Seperti dilansir Straits Times, Selasa (16/02/2021) saat ini NASA sedang menjalankan misi penerbangan ke Mars membawa wahana Perseverance dan helikopter kecil bernama Ingenuity.

Wahana luar angkasanya sendiri akan tiba di Mars 18 Februari nanti, membawa Ingenuity dengan maksud mencoba menerbangkannya dari daratan planet Mars.

Ingenuity akan menghadapi beberapa tantangan besar di depan mata, salah satu yang terbesar adalah kepadatan atmosfirnya, yang hanya satu persen kepadatan atmosfir Bumi.

Tapi mari kita bayangkan bila ada helikopter yang bisa terbang di Mars, mengapung dengan dorongan tenaga angin seperti helikopter di bumi, bukan dorongan api roket.

Sebenarnya wahana itu lebih mirip drone mini daripada helikopter, karena beratnya hanya 1,8 kilogram, bilah baling-balingnya lebih besar, dan putarannya jauh lebih cepat, yaitu 2.400 putaran per menit, agar bisa mendapat daya angkat seperti di Bumi.

Baca Juga: Bersejarah! Wahana Luar Angkasa Arab Pertama Berhasil Memasuki Orbit Planet Mars

Selain itu, untuk bisa mengambang, ingenuity juga akan dibantu planet Mars, dimana gravitasinya hanya sepertiga Bumi.

Ingenuity punya bodi berbentuk kotak sepanjang 1.2 meter, dilengkapi bilah baling-baling berbahan fiber karbon yang diletakkan di dua buah rotor yang berputar berlawanan arah.

Wahana itu dilengkapi dua kamera, komputer, dan sensor navigasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x