Kompas TV internasional kompas dunia

Sungai Mekong di Thailand Berubah Warna Menjadi Indigo. Pertanda Apa Ini?

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 21:38 WIB
sungai-mekong-di-thailand-berubah-warna-menjadi-indigo-pertanda-apa-ini
GISTDA Thailand mengungkap gambar Sungai Mekong yang telah berubah warna menjadi indigo yang dipantau dari satelit Sentinel-2 dalam dua periode perbandingan, sebelah kiri 3 Januari 2021 dan sebelah kanan 7 Februari 2021. (Sumber: GISTDA Thailand)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BANGKOK, KOMPAS.TV - Ketinggian air di Sungai Mekong telah turun ke "tingkat yang mengkhawatirkan." Komisi Sungai Mekong (MRC) menilai hal ini sebagian terjadi karena pembatasan aliran keluar dari bendungan pembangkit listrik tenaga air China di hulu.

Melansir Reuters pada Jumat (12/2/2021), MRC meminta Beijing untuk membagikan semua data air miliknya. Jalur air vital itu telah berubah menjadi biru di sepanjang perbatasan Thailand-Laos.

Biasanya air Sungai Mekong berwarna coklat keruh, yang menandakan air dangkal dan tingkat rendah sedimen kaya nutrisi.

The Geo-Informatics and Space Technology Development Agency (GISTDA) di Thailand sebelumnya memberi peringatan, sedimen sekarang terlihat jelas di bawah air Sungai Mekong. Kini sungai yang melalui lima negara itu sudah berwarna biru tua. Sementara beberapa gundukan pasir telah muncul di tengah sungai.

GISTDA mengatakan perubahan ketinggian air ini merupakan indikasi kekeringan parah yang akan dihadapi wilayah tersebut.

“Delapan provinsi di sepanjang sungai akan terpengaruh, yaitu Chiang Rai, Loei, Nong Khai, Beung Kan, Nakhon Phanom, Mukdahan, Amnat Charoen dan Ubon Ratchathani," katanya kepada The Nation Thailand pada Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: Pesta Narkoba Rayakan Kekayaan Baru, Nelayan Penemu Mutiara Langka di Thailand Ditangkap Polisi

Kekeringan dikhawatirkan tidak hanya akan memengaruhi ekosistem. Tetapi juga pertanian yang menanam tanaman komersial seperti padi, karet, tembakau, dan tomat.

Sementara itu, Samran Reunnak, pelaksana tugas kepala Dinas Perikanan Nakhon Phanom Thailand, mengatakan ketinggian sungai telah rendah selama beberapa tahun dan pada akhirnya akan memengaruhi kondisi air negara yang dilaluinya.

“Warna sungai menjadi biru tua karena airnya terlalu rendah dan tidak bisa mengalir dengan baik sehingga menyebabkan semakin banyak material mengendap. Air akhirnya menjadi lebih gelap,” ujarnya.

“Ikan tidak akan bisa bertelur di air ini dan pada akhirnya beberapa spesies langka akan hilang dari sungai.” tambahnya.

Sementara itu MRC hari Jum'at (12/02/2021) mengatakan curah hujan rendah dan bendungan di Mekong Bawah dan anak sungai juga berkontribusi pada penurunan level.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x