Kompas TV internasional kompas dunia

Biarawati Tertua di Eropa yang Sembuh Dari Covid-19 Rayakan Ulang Tahun ke 117

Kompas.tv - 12 Februari 2021, 06:10 WIB
biarawati-tertua-di-eropa-yang-sembuh-dari-covid-19-rayakan-ulang-tahun-ke-117
Seorang biarawati Prancis yang diyakini sebagai orang tertua kedua di dunia merayakan ulang tahunnya yang ke 117 dengan penuh gaya pada hari Kamis 11 Februari 2021. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PARIS, KOMPAS.TV - Seorang biarawati Prancis yang diyakini sebagai orang tertua kedua di dunia merayakan ulang tahunnya yang ke 117 dengan penuh gaya pada hari Kamis, dengan berbagai kudapan nikmat dan ucapan selamat, kartu dan bunga untuk merayakan umur panjangnya yang luar biasa.

Biarawati ini melalui dua perang dunia dan baru-baru ini berhasil mengalahkan virus corona, seperti dilansir Associated Press, Kamis, (11/02/2021)

Bayangkan ini: Suster Andre kira-kira berusia 8 tahun saat Titanic tenggelam dan sekitar berusia 10 tahun saat perang dunia I meletus. 

Di hari ulang tahunnya yang ke 117, suster André menerima Misa untuk menghormatinya, disusul pesta dengan sampanye, anggur merah, dan porta.

Kemudian biarawati yang kini tuna netra itu tidur siang, kemudian lanjut diikuti dengan lebih banyak perayaan, termasuk camilan sore hidangan Alaska panggang, makanan penutup favoritnya.

"Itu membuatku sangat, sangat, sangat, sangat bahagia," kata gadis yang berulang tahun itu.

“Karena saya bertemu dengan semua orang yang saya cintai dan saya berterima kasih kepada surga karena telah memberikan mereka kepada saya. Saya berterima kasih kepada Tuhan atas semua masalah yang mereka berhasil lewati," tutur biarawati yang bernama asli Lucile Randon itu.

Baca Juga: Orang Tertua Eropa, Seorang Biarawati Berusia 116 Tahun Sembuh dari Covid-19

Lucille Randon atau Suster Andre, biarawati Prancis berusia 116 tahun yang merupakan orang tertua di Eropa dan nomor dua tertua di dunia, selamat dari Covid-19 (Sumber: Maxppp/Luc Boutria)

Hari besar Suster André dimulai dengan video call pagi hari dengan keponakan dan cicitnya, diikuti dengan Misa untuk menghormatinya yang dipimpin oleh uskup Katolik setempat, kata David Tavella, manajer komunikasi untuk panti jompo di selatan kota Toulon, Prancis, tempat tinggal suster itu.

Hidangan khusus pesta ulang tahunnya diawali foie gras, diikuti oleh capon dengan jamur harum. “Semuanya dicuci dengan anggur merah, karena dia minum anggur merah."

Itu salah satu rahasia umur panjangnya, kata Tavella kepada The Associated Press. Ada juga port dan Champagne "karena 117 tahun harus dirayakan dengan bersulang," ujarnya.

Dia melewatkan hidangan penutup karena dia lelah, tetapi kemudian disajikan untuknya setelah tidur siang - dengan tiga lilin dan angka 117 di atasnya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.