Kompas TV internasional kompas dunia

Fantastis! Lukisan Kecil Ini Terjual Dengan Harga Rp 1,3 Triliun

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 07:43 WIB
fantastis-lukisan-kecil-ini-terjual-dengan-harga-rp-1-3-triliun
Sebuah lukisan kecil karya Sandro Botticelli tahun 1475, terjual dengan harga fantastis di Balai Lelang Sotheby, New York, Kamis (28/1/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

NEW YORK, KOMPAS.TV - Sebuah lukisan kecil karya Sandro Botticelli tahun 1475, terjual dengan harga fantastis di Balai Lelang Sotheby, New York, Kamis (28/1/2021). Lukisan berjudul “Young Man Holding a Roundel” atau Lelaki Muda Memegang Lukisan Bundar, terjual seharga AS$ 92,2 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Lukisan "Young Man Holding a Roundel", menggambarkan seorang bangsawan muda yang memegang lukisan kecil seorang suci. Ini adalah salah satu dari lukisan terkenal dari Botticelli selain "The Birth of Venus" dan "Primavera".

Baca Juga: Penelitian: Lukisan Gua di Maros Jadi Yang Tertua di Dunia, Berumur 45,500 Tahun

“Ini bukan hanya lukisan yang luar biasa, ini juga merupakan lambang keindahan, dan momen ketika begitu banyak peradaban barat dimulai,” kata Christopher Apostle, kepala departemen Lukisan Pelukis Lama Balai Lelang Sotheby di New York. “Hasil hari ini adalah penghargaan yang pas, baik untuk lukisan itu sendiri maupun semua yang diwakilinya," ujar Apostle seperti dikutip dari the Associated Press.

Penjualnya adalah almarhum miliarder real estate Sheldon Solow, yang membeli karya ini di Balai Lelang Christie's pada tahun 1982. Saat itu ia membeli lukisan ini seharga £ 810.000, atau hampir Rp 14 miliar.

Baca Juga: Unik! Lukisan Tokoh Bangsa dari Daun Kering

Dua penawar saling bersaing untuk memperebutkan lukisan itu pada lelang yang disiarkan langsung pada hari Kamis. Namun Balai Lelang Sotheby tidak mengungkapkan identitas pembeli lukisan "Young Man Holding a Roundel".

Sotheby memamerkan lukisan "Young Man Holding a Roundel" di London, Dubai, Los Angeles, dan New York menjelang penjualan hari Kamis. Harga tersebut sudah termasuk biaya rumah lelang.

Penjualan lukisan ini merupakan yang tertinggi untuk karya pelukis lama sejak lukisan "Salvator Mundi" karya Leonardo da Vinci terjual seharga AS$ 450 juta (sekitar Rp 6,3 triliun) pada tahun 2017.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x