Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaku Penyerangan di Wina Diidentifikasi, Sebelumnya Pernah Ditangkap Terkait ISIS

Kompas.tv - 5 November 2020, 00:44 WIB
pelaku-penyerangan-di-wina-diidentifikasi-sebelumnya-pernah-ditangkap-terkait-isis
Polisi melakukan patroli di kota Wina, Austria, Rabu (4/11/2020). Keamanan di Wina ditingkatkan setelah serangan mematikan di kota itu pada Senin lalu. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WINA, KOMPAS.TV - Pihak berwenang Austria telah mengidentifikasi pelaku penembakan di kota Wina sebagai Fejzulai Kujtim. Ia adalah seorang pria Austria berusia 20 tahun yang berasal dari kota St. Poelten yang merupakan ibukota negara bagian Niederoesterreich, 33 mil sebelah barat Wina.

Dia ditembak mati oleh polisi ketika melakukan serangan pada Senin (2/11/2020) malam.

Sedikitnya empat orang tewas dan 22 lainnya luka-luka, termasuk seorang polisi yang sekarang dalam kondisi stabil, setelah dilakukan tindakan operasi.

Kanselir Austria Sebastian Kurz mengkonfirmasi pria bersenjata itu lahir di Austria dan memiliki latar belakang keluarga dari Makedonia Utara. "Yang kami tahu adalah dia pendukung ISIS," katanya seperti dikutip CNN.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu pada hari Selasa. Mereka menyebut sang penembak sebagai Abu Dujana Al-Albany dan mengklaim bahwa dia menggunakan dua senjata, yaitu satu senapan mesin dan pisau.

Baca Juga: Penembakan di Wina, Austria Seharusnya Bisa Dicegah, Seandainya…

Belum lama ini, Kujtim ternyata juga pernah berurusan dengan polisi. Dia dijatuhi hukuman 22 bulan penjara pada 25 April 2019 karena berusaha melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Menteri Dalam Negeri Austria Karl Nehammer mengatakan, pada 5 Desember 2019, dia dibebaskan lebih awal dengan pembebasan bersyarat.

Seperti dikutip dari CNN, pengacara Nikolaus Rast, yang mewakili Kujtim pada 2019 mengatakan dia tampak pendiam dan agak tertutup pada saat itu.

"Saya terakhir melihatnya lebih dari setahun yang lalu. Dan ketika saya mengenalnya saat itu, saya bisa mengatakan, dia seperti kehilangan jiwa. Dia terkesan seperti sedang mencari tempat," kata Rast.

"Tak seorang pun akan mengira dia mampu melakukan hal seperti ini, apalagi mencurigainya. Jika dicurigai, pemerintah pasti melakukan sesuatu jauh lebih awal, karena pada prinsipnya kami memiliki sistem yang berfungsi relatif baik di Austria," tambahnya.

Baca Juga: Situasi di Wina Berangsur Pulih, ISIS Klaim Bertanggung Jawab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x