Kompas TV internasional kompas dunia

Jepang Terus Kembangkan Robot Pendamping Selama Masa Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 09:23 WIB
jepang-terus-kembangkan-robot-pendamping-selama-masa-pandemi-covid-19
REUTERS/Yoshio Tsunoda1 Mei 2020, Tokyo, Jepang - Robot humanoid Pepper dan robot pembersih Whiz ditampilkan ketika Pemerintah Metrpolitan Tokyo menyewa hotel untuk akomodasi baru pasien virus corona dengan gejala ringan di Tokyo pada Jumat, 1 Mei 2020 Pemerintah Metropolitan Tokyo membuka fasilitas penginapan medis tambahan untuk pasien virus corona sementara robot humanoid Softbank Pepper dan robot pembersih Whiz akan bekerja untuk membantu para penjaga di fasilitas tersebut.
Penulis : Zaki Amrullah

NAGOYA,KOMPAS.TV-  Jepang terus mendorong pengembangan robot-robot baru untuk menemai warga melewati pandemi.

Kyodo News melaporkan,  pemerintah saat ini tengah  mendorong pasar dalam negeri untuk robot yang menyediakan pengganti kontak fisik manusia selama masa pandemi Covid-19.

Groove X Inc. salah satu perusahaan pengembang "Robot Penyembuh" bernama Lovot Humanoid. Robot setinggi 43 sentimeter dengan sepasang mata bulat ini menampilkan lebih dari 50 sensor. Robot ini dapat mengenali, mendekati, dan melakukan kontak mata dengan pemiliknya. Sensor juga memungkinkannya merasakan di mana tubuhnya disentuh dan menghindari rintangan.

Dengan berat sekitar 4,2 kilogram, cukup ringan untuk diangkat, dengan lengan yang dapat disesuaikan ke mode pelukan. Uniknya robot ini memiliki suhu yang mirip dengan tubuh manusia sekitar 37 C.

Robot Lovot juga dilengkapi dengan kamera yang memiliki pandangan 360 derajat. Robot ini juga dapat melaporkan suasanan di dalam rumah dan melaporkannya dari jarak jauh saat pemiliknya tidak ada. 

Taman Kanak-kanak (TK) Moriyama Nagoya, yang telah memperkenalkan dua Lovot.  Kepala Sekolah TK itu Kyoshin Kodama mengatakan, berinteraksi dengan Lovot membantu menenangkan suasana hati anak-anak.  Termasuk menghilangkan kekhawatiran para orang tua bahwa pandemi mungkin berdampak jangka panjang pada anak-anak.

Baca Juga: Bantu Rawat Pasien Covid, Robot Raisa ITS Siap Bertugas di Wisma Atlet

Perusahaan pengembang lainnya yaitu Yukai Engineering Inc.  Perusahaan ini membuat anjing robot bernama Aibo Sony Corp. dan Qoobo yang memiliki badan berbulu dengan ekor yang dapat  bergerak seperti halnya anjing.

Yukai Engineering mengatakan "robot terapeutik" ini awalnya dirancang untuk orang yang tidak dapat memiliki hewan peliharaan karena alergi atau alasan lain.  Pihak perusahaan berencana untuk merilis produk baru pada bulan Desember.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x