Kompas TV nasional update corona

Bantu Rawat Pasien Covid, Robot Raisa ITS Siap Bertugas di Wisma Atlet

Kompas.tv - 1 September 2020, 07:00 WIB
bantu-rawat-pasien-covid-robot-raisa-its-siap-bertugas-di-wisma-atlet
Robot RAISA generasi terbaru penjaga ruang ICU (Sumber: Dokumentasi Humas ITS Surabaya)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Robot RAISA (Robot Medical Assistant ITS – Unair) akan bertugas membantu tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

Nantinya, robot ini akan berkontak langsung dengan pasien yang berada dalam kondisi tidak bergejala berat dan masih bisa beraktivitas.

Tentu hal ini akan menjadi langkah positif karena perannya mampu membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet Jakarta.

Ini juga untuk menunjukkan kepedulian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terhadap tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19.

Sebelumnya, Robot RAISA juga telah digunakan di beberapa RS. Antara lain RS Universitas Airlangga (RSUA), RSU Dr Soetomo, RS Husada Utama, dan RSUD Saiful Anwar Malang.

Baca Juga: Keren! Wisuda Daring, Undip Gunakan Robot Wisudawan

Menurut Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Robot RAISA ini dipesan oleh Pertamina Group melalui PT ITS Tekno Sains.

Robot ini diserahkan untuk membantu tenaga medis di RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta yang saat ini ditangani oleh Kesehatan Kodam Jaya.

"Satu unit robot RAISA yang dikirimkan adalah tipe High Care Unit (HCU) untuk ruangan-ruangan isolasi penderita Covid," kata Prof. Ashari seperti dikutip dari laman resmi ITS, Senin (31/8/2020).

Mengingat Raisa memiliki fitur utama seperti dilengkapi komunikasi dua arah media monitor, ia juga mampu beroperasi selama delapan jam sehari untuk sekali pengisian baterai.

“Selain itu, robot ini mampu mencegah tabrakan jika ada objek di depannya dan memberikan peringatan,” jelas Rektor Ashari.

Ashari juga mengharapkan, agar inovasi ITS melalui Raisa, robot asisten rumah sakit, bisa membantu negara dan masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Sementara itu, Direktur PT ITS Tekno Sains, Dr Ir I Ketut Gunarta MT menambahkan sebelum robot Raisa dapat digunakan secara operasional, tim IT dari Wisma Atlet dan Kodam Jaya melakukan pelatihan terlebih dahulu.

Baca Juga: Pertama di Indonesia ! Wisuda di Dunia Minecraft, ITS Surabaya

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x