Kompas TV genbest siap nikah

Waspada! Seks Bebas Berpotensi Menularkan Penyakit Berbahaya ke Janin

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 14:26 WIB
waspada-seks-bebas-berpotensi-menularkan-penyakit-berbahaya-ke-janin
Tidak hanya menular ke orang dewasa, Infeksi Menular Seksual (IMS) bisa ditularkan dari ibu ke janin akibat perilaku seks bebas.  (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Fenomena perilaku seks bebas terutama di era modern ini tampaknya makin mengkhawatirkan, karena makin marak di kalangan remaja.

Mirisnya, menurut survei yang dilakukan Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) pada 2023, sebanyak 60 persen remaja mengaku melakukan hubungan seksual pertama kalinya usia 16–17 tahun.

Padahal, perilaku seks bebas di kalangan remaja menyimpan banyak risiko yang tidak bisa dianggap sepele, seperti penyakit menular seksual (PMS). Tidak hanya menular ke orang dewasa, Infeksi Menular Seksual (IMS) bisa ditularkan dari ibu ke janin akibat perilaku seks bebas. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), IMS adalah infeksi menular yang disebabkan mikroorganisme yang sebagian besar ditularkan melalui kontak seksual.

Di Indonesia setidaknya ada sebelas jenis IMS yang patut diwaspadai, termasuk dua diantaranya yang dapat menular dari ibu ke anak.

 

HIV/ AIDS yang Menular dari Ibu ke Anak

Virus Human Immunodeficiency Virus (HIV), yang juga dikenal sebagai HIV, menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Jika dibiarkan berkembang, penderitanya akan mengalami penyakit yang disebut Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi hampir tidak ada sehingga sangat rentan terhadap berbagai penyakit.

HIV/AIDS menjadi momok dalam masyarakat karena virusnya dapat tetap berada di tubuh seumur hidup dan saat ini belum ada metode pengobatan yang 100 persen ampuh mengobati HIV.

Penularan HIV dari ibu ke anak dapat terjadi selama kehamilan, saat proses kelahiran, atau melalui menyusui. Dampaknya, bayi yang lahir dari ibu yang positif HIV akan membawa status HIV sepanjang hidupnya. 

Tingginya tingkat penularan HIV pada ibu rumah tangga disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai dampak penyakit ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x