Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Alat Tes Swab Sebabkan Penyakit Kanker - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 13:14 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar klaim tentang alat swab test atau tes usap covid-19, dapat menyebabkan kanker karena mengandung etilen oksida di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun facebook pada 16 Januari 2022.

Terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. satu di antaranya artikel berjudul, "fact check: gas sterilization of covid-19 test swabs is safe, won't cause cancer", yang dimuat situs usatoday.com pada 6 Agustus 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan, bahwa etilen oksida adalah suatu zat yang memiliki kemampuan menghancurkan DNA, sehingga menjadi zat yang efektif untuk sterilisasi.

Etilen oksida memang diklasifikasikan oleh Environmental Protection Agency Amerika Serikat, sebagai suatu zat yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker, tetapi dalam kadar yang tinggi dan paparan yang lama.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, memastikan bahwa alat tes usap covid-19 aman digunakan. Meski sebelum dipasarkan, alat tes usap disterilisasi menggunakan etilen oksida. Namun dalam kadar yang sesuai aturan dan aman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x