Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Mumpung Awal Tahun, Begini Cara Mengubah Pemikiran Soal Diet

Kompas.tv - 1 Januari 2022, 19:56 WIB
mumpung-awal-tahun-begini-cara-mengubah-pemikiran-soal-diet
Ilustrasi. Jika mengurangi berat badan berlebih menjadi salah satu resolusi saat tahun baru, ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk dilakukan. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Jika mengurangi berat badan berlebih menjadi salah satu resolusi saat tahun baru, ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk dilakukan.

Mungkin menurunkan berat badan telah menjadi resolusi sebelum tahun baru 2021, atau bahkan sebelum tahun baru 2019, namun terkadang hasilnya tidak sesuai harapan.

Ahli diet Anna Taylor, MS, RD, LD, dan ahli kesehatan perilaku bariatrik Leslie Heinberg, PhD, berbicara tentang bagaimana mengubah pemikiran seputar diet.

Apa yang terjadi saat kita berdiet?

Diet mungkin tampak seperti resolusi Tahun Baru yang hebat, tetapi ketika kita membatasi berapa banyak yang kita makan, itu dapat memengaruhi tubuh kita dengan cara yang tidak kita duga.

"Beberapa hal terjadi dalam tubuh kita ketika kita membatasi asupan makanan kita," kata Taylor.

“Kita tahu bahwa metabolisme kita melambat, dan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang kita rusak. Anda akhirnya makan berlebihan, bukan karena Anda buruk atau lemah, tetapi karena tubuh Anda melakukan segala yang bisa dilakukan untuk keluar dari kelaparan yang Anda buat sendiri.”

Bahkan ketika Anda tidak aktif dalam program diet, pola pikir diet Anda dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak dan menambah berat badan. Anda mungkin makan lebih banyak dari biasanya, mengantisipasi bahwa Anda akan segera kembali ke diet ketat.

Baca Juga: Berencana Diet Keto Sejak Awal Tahun? Ini Manfaat dan Efek Sampingya

"Dari perspektif evolusi, tubuh kita lebih disetel untuk bertahan hidup di saat kelaparan," kata Taylor.

“Tubuh pelaku diet terbiasa mengalami kekurangan atau pembatasan makanan secara acak. Karena itu, tubuh berusaha untuk makan dan menyimpan lebih banyak secara keseluruhan. Tubuh manusia tidak suka menurunkan berat badan, jadi ia melawan.”

Mengubah perspektif diet

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa diet ketat pada akhirnya mengarah pada penambahan berat badan, bukan penurunan berat badan.

“Saat Anda berupaya mengurangi rasa bersalah dan malu terkait makanan dan penerimaan citra tubuh yang lebih baik, Anda cenderung mengembangkan kebiasaan makan yang lebih baik dalam jangka panjang,” kata Dr Heinberg, seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

Berusahalah untuk menghentikan pikiran negatif di kepala Anda dan terapkan tips ini untuk mendorong hubungan yang lebih baik dengan makanan dan makan sehat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x