Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Penyimpanan Gmail Penuh? Bersihkan Segera dengan Cara Mudah Berikut

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 12:17 WIB
penyimpanan-gmail-penuh-bersihkan-segera-dengan-cara-mudah-berikut
Ilustrasi jendela Gmail. Kapasitas penyimpanan Gmail bisa penuh dan harus dibersihkan untuk digunakan kembali. (Sumber: Google)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Aplikasi surel Google Mail atau Gmail digunakan secara luas dan semakin populer sedekade belakangan. Gmail menyediakan Anda fasilitas berkirim surel secara gratis.

Sayangnya, Gmail versi gratis dapat terganjal terkendala penyimpanan penuh.

Penyimpanan Gmail terbatas. Kuota penyimpanannya dijadikan satu dengan fitur lain yang Anda manfaatkan dengan akun Google seperti Google Drive dan Google Photos.

Google sendiri memberikan kuota penyimpanan hingga 15 GB bagi setiap akun. 

Surel memang tergolong “ringan” dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Namun, apabila surel—terlebih yang memuat lampiran—bertumpuk selama bertahun-tahun, mungkin Anda akan diperingatkan Google bahwa kapasitas penyimpanan penuh.

Baca Juga: Gmail Luncurkan Fitur Chat untuk Akun Gratis, Ini Cara Aktivasinya

Jangan khawatir, Anda tak perlu repot membuat akun baru atau berlangganan akses premium untuk mengatasi masalah ini. Anda cukup membersihkan berkas yang memenuhi kuota penyimpanan dan Gmail kembali bisa menampung banyak surel.

Berikut cara membersihkan penuhnya kapasitas penyimpanan Gmail Anda.

Bersihkan Drive dan Google Photos

Seringkali surel bukanlah penyebab utama kapasitas penyimpanan akun Google Anda penuh. Biang keladinya bisa jadi penyimpanan Google Drive dan Google Photos Anda.

Drive umum digunakan untuk menyimpan berkas-berkas berukuran besar, termasuk rekaman video atau berkas program yang mencapai beberapa GB.

Berkas gambar yang Anda taruh di Google Photos pun dapat memenuhi kuota jika tertumpuk secara tidak sadar.

Apabila Gmail mengirim notifikasi penyimpanan penuh, akun Google Drive dan Google Photos Anda dapat ditinjau dan bersihkan berkas-berkas yang sudah tidak diperlukan.

Menghapus surel berukuran besar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x