Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

6 Tanda Bayi sedang Lapar dan Manfaat Menyusui bagi Ibu

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 10:12 WIB
6-tanda-bayi-sedang-lapar-dan-manfaat-menyusui-bagi-ibu
Ilustrasi bayi. Menyusui bayi terkadang menjadi hal yang menegangkan sekaligus menyenangkan bagi ibu yang baru memiliki bayi. Berikut tanda bayi lapar dan manfaat menyusui. (Sumber: michalbarhaim/unsplash)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Menyusui bayi terkadang menjadi hal yang menegangkan sekaligus menyenangkan bagi ibu yang baru memiliki bayi.

Membuat keputusan untuk menyusui adalah masalah pribadi. Itu juga salah satu yang cenderung menarik pendapat dari teman dan keluarga.

Banyak ahli medis, termasuk American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologists, sangat merekomendasikan menyusui secara eksklusif (tanpa susu formula, jus, atau air) selama 6 bulan.

Setelah pengenalan makanan lain, disarankan untuk terus menyusui selama tahun pertama kehidupan bayi.

Seberapa sering Anda harus menyusui bayi Anda tergantung pada apakah bayi Anda lebih suka makanan kecil, sering, atau menyusui lebih lama.

Ini akan berubah saat bayi Anda tumbuh. Bayi yang baru lahir sering ingin menyusu setiap 2-3 jam. Pada usia 2 bulan, menyusui setiap 3-4 jam adalah hal biasa, dan pada usia enam bulan, kebanyakan bayi menyusu setiap 4-5 jam.

Baca Juga: Berapa Jam Waktu Tidur yang Dibutuhkan dalam Sehari? Ternyata Bayi dan Lansia Berbeda

Berikut tanda jika bayi sedang lapar dan manfaat menyusui bagi ibu dan bayi, seperti dilansir WebMB, dalam artikel yang telah ditinjau oleh Hansa Bhargava, MD, Chief Medical Officer di Medscape Education:

Tanda Bayi Anda Lapar

Salah satu cara paling umum yang dilakukan bayi untuk memberi tahu Anda bahwa mereka lapar adalah dengan menangis. Tanda-tanda lain bayi Anda siap untuk diberi makan meliputi:

1. Menjilat bibir atau menjulurkan lidah

2. Rooting, yaitu menggerakkan rahang, mulut, atau kepalanya untuk mencari payudara Anda

3. Menempatkan tangan mereka di mulut mereka



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x