Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Ikan vs Ayam, Manakah yang Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan?

Kompas.tv - 11 Desember 2021, 07:19 WIB
ikan-vs-ayam-manakah-yang-lebih-cepat-menurunkan-berat-badan
Ilustrasi ikan mentah. Untuk hasil yang lebih baik, peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi tiga porsi ikan tiap minggu agar berat badan cepat turun. (Sumber: Unsplash/Clon Czerwinski)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Diet dalam rangka menurunkan berat badan kini telah menjadi gaya hidup yang disiplin dalam mengatur pola makan.

Ikan dan ayam merupakan salah satu bahan makanan yang disarankan bagi mereka yang sedang melakukan program diet, terutama untuk diet non-vegetarian.

Ikan dan ayam digunakan sebagai salah satu bahan makanan diet karena dapat memenuhi kebutuhan protein, omega 3, dan nutrisi sehat lainnya.

Selain itu, dua bahan ini juga mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang lebih sedikit ketimbang daging.

Baca Juga: 8 Manfaat Terong, Cocok untuk Diet hingga Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Namun, dari dua opsi tersebut, manakah yang lebih cepat menurunkan kolesterol?

Melansir India Times, Sabtu (11/12/2021), studi yang dipublikasikan di 'Journal Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Disease' menunjukkan bahwa ikan dapat menjadi alternatif yang lebih sehat daripada sumber daging lain.

Studi tersebut juga menemukan bahwa makan ikan dapat mempercepat penurunan berat badan. Orang yang hanya makan ikan dalam periode 8 minggu lebih cepat menurunkan berat badan daripada merka yang tidak makan ikan.

Untuk hasil yang lebih baik, peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi tiga porsi ikan tiap minggu agar berat badan cepat turun.

Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan, termasuk omega 3 dan protein.
Omega 3 dikenal mampu mengurangi peradangan dan tingkat stres pada tubuh, dua hal yang berkontribusi menambah berat badan. Adapun protein berperan untuk meningkatkan rasa kenyang.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa ikan membantu seseorang tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama jika dibandikan bentuk protein lainnya.

Baca Juga: 5 Biji-bijian Bermanfaat untuk Kesehatan Menurut Ahli Diet

Kendati demikian, beberapa jenis ikan memiliki sumber protein yang lebih rendah dan kandungan lemah yang lebih tinggi. Jadi, berhati-hatilah saat memilih jenis ikan yang akan dikonsumsi.

Beberapa jenis ikan yang cocok untuk diet, seperti ikan salmon, tuna, tenggiri, sarden, kembung, hingga lele.

Meskipun ikan menjadi alternatif yang lebih baik untuk menurunkan berat badan lebih cepat, ayam juga dapat dikonsumsi untuk menyeimbangkan pola makan. Sebab, ayam juga memiliki beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh.



Sumber : India Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x