Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

7 Benda di Sekitar Kita yang Mengandung Merkuri

Kompas.tv - 3 November 2021, 22:47 WIB
7-benda-di-sekitar-kita-yang-mengandung-merkuri
Senyawa merkuri merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya. Meski demikian, senyawa tersebut sering dijumpai pada benda yang biasa digunakan sehari-hari. (Sumber: Instagram @kementerianlhk)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Senyawa merkuri merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya. Meski demikian, senyawa tersebut sering dijumpai pada benda yang biasa digunakan sehari-hari.

Berikut tujuh jenis benda sehari-hari yang mengandung merkuri, seperti diunggah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui akun Instagram @kementerianlhk, Rabu (3/11/2021).

1. Lampu Neon

Dalam lampu neon terdapat 5 miligram merkuri berbentuk bubuk atau uap. Beberapa miligram merkuri dapat meracuni metabolisme tubuh manusia.

“Uap raksa ini merupakan neurotoksin, racun yang sangat berbahaya dan berakibat fatal pada otak dan ginjal,” demikian tertulis dalam unggahan tersebut.

Jika terakumulasi dalam tubuh, merkuri bisa merusak sistem syaraf, janin dalam kandungan, dan jaringan tubuh.

2. Termometer Air Raksa

Termometer yang menggunakan merkuri atau air raksa berisiko untuk pecah. Jika termometer itu pecah, merkuri yang ada di dalamnya dapat menyebar di udara.

“Jika dihirup atau terkena langsung oleh manusia, akan menimbulkan berbagai efek samping yang berakibat buruk.”

Baca Juga: Penambang Abai Limbah, Peneliti LIPI: Kandungan Merkuri di Teluk Kayeli Maluku Lebihi Ambang Batas

3. Baterai

Baterai mengandung sejumlah logam berat, termasuk merkuri. Selain itu terkandung pula mangan, timbal, nikel, litium, dan kadmium.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x