Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

7 Makanan Super Agar Perempuan Tetap Sehat dan Kuat

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 20:12 WIB
7-makanan-super-agar-perempuan-tetap-sehat-dan-kuat
Ada beberapa pilihan makanan super yang dapat dipilih perempuan untuk mempertahankan kebutuhan asupan nutrisi harian. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Di zaman modern seperti ini, cukup banyak perempuan yang bekerja sekaligus mengurus pekerjaan rumah tangga. Tidak mengherankan jika pola makan dan konsumsi nutrisi sehari-hari mereka tidak dapat mengimbangi gaya hidup yang sibuk ini.

Dilansir NDTV, sesuai studi NFHS (2015-16), satu dari empat perempuan usia reproduksi di India kekurangan gizi, dengan BMI (Indeks Massa Tubuh) kurang dari 18,5 kg/m2.

Ini tidak hanya terbatas pada perempuan di perkotaan. Tingkat kekurangan gizi ini terjadi lebih tinggi pada perempuan pedesaan, yakni sekitar 40,6%  jika dibandingkan dengan perempuan di perkotaan yang jumlahnya sekitar 25%.

Ada beberapa pilihan ‘makanan super' yang dapat dipilih wanita untuk mempertahankan kebutuhan asupan nutrisi harian mereka dan memerangi kekurangan gizi.

Baca Juga: 4 Manfaat Ciplukan dan Jenis Nutrisi yang Terkandung, Bisa untuk Kanker hingga Racun

Berikut 7 Makanan Super Tersebut:

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini diremehkan dalam jumlah nilai gizi dan konten yang disediakannya. Tapi ternyata bayam mengandung magnesium yang tinggi, yang dikenal mampu membantu efek fisik PMS yang dialami oleh perempuan menjelang menstruasi.

Bayam dikenal sebagai penambah kekebalan dan membantu memperkuat tulang Anda.

2. Lentil

Lentil adalah biji yang mirip dengan kacang hijau. Lentil merupakan makanan paling terjangkau dengan banyak nutrisi bermanfaat.

Lentil adalah protein tertinggi ke-3 dari semua makanan nabati. Jadi, ini adalah makanan tambahan yang penting untuk diet, terutama bagi perempuan di atas usia 40 tahun. Setiap jenis lentil memberikan manfaat nutrisinya.

3. Oat

Oat adalah makanan surplus karbohidrat dan serat yang sehat untuk menopang kebutuhan energi harian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x