Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Produk Perawatan Kecantikan Berkafein, Benarkah Bermanfaat?

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 18:18 WIB
produk-perawatan-kecantikan-berkafein-benarkah-bermanfaat
Scrub kopi. Kafein telah menjadi bahan populer dalam produk perawatan kulit mulai dari serum di bawah mata hingga masker wajah hingga krim antiselulit dan seterusnya. (Sumber: pixabay.com/Saponifier)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Meneguk secangkir kopi di pagi hari sering kali dapat mengusir kantuk. Hal itu disebabkan oleh kafein yang terkandung di dalam kopi.

Saat ini, cukup banyak orang yang memanfaatkan kafein untuk perawatan kulit.

Dilansir Cleveland Clinic, ahli kecantikan Lori Scarso menjelaskan mengapa penggemar kecantikan beramai-ramai berbicara tentang produk perawatan kulit yang mengandung kafein dan menjelaskan apa yang sebenarnya bisa (dan tidak bisa) dilakukan kafein untuk kulit.

Apakah kafein baik untuk kulit Anda?

Kafein telah menjadi bahan populer dalam produk perawatan kulit mulai dari serum di bawah mata hingga masker wajah hingga krim antiselulit dan seterusnya.

Sementara pihak pemasaran mengklaim kafein dapat "membangunkan" kulit, berikut beberapa manfaatnya:

1. Melindungi kulit dari kerusakan

Kafein adalah antioksidan, yang dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas — molekul yang memecah kolagen Anda dan menyebabkan garis-garis halus, kerutan, dan kulit yang kendor dan pucat.

“Antioksidan berperan sangat besar dalam perawatan kulit saat ini,” kata Scarso.

Baca Juga: Temuan Menggembirakan, Konsumsi Kafein Seperti Kopi Bantu Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

“Anda mendapatkan kerusakan akibat radikal bebas dari polusi dan sinar UV, tetapi menerapkan antioksidan baik untuk kulit Anda karena dapat membantu menghentikan beberapa kerusakan itu.”

2. Mencerahkan kulit

Kafein adalah vasokonstriktor, yang berarti membuat pembuluh darah menyempit, atau mengencang. Itu, pada gilirannya, mengurangi aliran darah ke kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan halus — seperti filter Instagram kehidupan nyata untuk wajah.

3. Menghilangkan kantung di bawah mata



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x