Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Asma Nadia Bongkar Tips Menulis Novel Bagi Pemula di Platform Online, Penasaran?

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 05:35 WIB
asma-nadia-bongkar-tips-menulis-novel-bagi-pemula-di-platform-online-penasaran
Tips menulis (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Asma Nadia, penulis buku populer di Indonesia membagikan tips menulis novel bagi pemula. Khususnya bagi mereka yang ingin menerbitkan karya tulisannya lewat platform daring seperti 'KBM App' supaya mendapat tingkat keterbacaan yang tinggi dan populer.

“Biasanya di KBM App itu bab pertama harus nendang. Jadi bab pertama itu sudah harus menampilkan konflik. Konfliknya harus kencang,” sebut Nadia saat konferensi pers peluncuran novel barunya berjudul 'Assalamualaikum Beijing 2: Lost in Ningxia', Selasa (5/10/2021).

Ia meyampaikan, novel yang terbit di platform daring memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan novel konvensional.

Untuk pembaca novel cetak mau tidak mau harus membaca semua isi sekaligus, sedangkan pembaca novel daring harus membuka kunci satu per satu bab sehingga kekuatan bab pertama memang menjadi penting.

“Kalau di platform, untuk me-unlock atau membuka bab berikutnya mereka akan melihat dari bab yang sekarang dulu, seru atau tidak, ending-nya bikin penasaran atau tidak. Nah, ini salah satu yang bisa dicermati,” tuturnya.

Nadia menekankan juga pada pentingnya membuat judul yang menarik terlebih dahulu baru kemudian bisa memikirkan cover ilustrasi.

Baca Juga: 6 Tips Menulis Fiksi dari Ernest Hemingway

“Judul yang kira-kira menarik perhatian. Judul yang kira-kira bikin pembaca bilang ‘apa nih?’ atau judul yang mungkin sudah mengandung konflik,” katanya.

Tentu yang tak kalah penting, menurutnya adalah rajin mempromosikan karya kepada orang-orang di sekitar dan membagikan karya melalui media sosial.

Bahkan, penulis juga bisa saling mempromosikan dan mendukung penulis lain sehingga peluang keterbacaan akan semakin naik.

Di samping itu, mengenai riset kepenulisan untuk latar tempat, Nadia menuturkan, saat ini internet melalui fasilitas Google telah menyediakan ruang yang luas untuk membantu penulis dalam melakukan riset tentang tempat-tempat yang belum pernah disinggahi secara langsung.

Ia menyarankan metode blog-walking dan vlog-walking sehingga dapat membayangkan pengalaman-pengalaman orang lain yang pernah melakukan travelling di suatu tempat yang jauh.

“Melakukan penelusuran melalui Google, blog-walking, dan vlog-walking menjadi cara-cara termudah yang bisa dilakukan penulis untuk menggarap novel di samping tentu saja harus membaca banyak buku atau literatur yang mendukung riset kepenulisan,” jelasn Nadia.

Baca Juga: Cara Menulis Caption Untuk Toko Online Kamu!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x