Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

9 Bahan Alami Pemutih Gigi yang Tersedia di Rumah

Kompas.tv - 11 September 2021, 16:29 WIB
9-bahan-alami-pemutih-gigi-yang-tersedia-di-rumah
Ilustrasi memutihkan gigi. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Hampir semua orang menginginkan gigi yang terlihat putih cemerlang. Gigi yang putih menjadi daya tarik tersendiri, sebab memberi kesan bersih dan sehat. Memiliki gigi yang putih tentu juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Namun untuk mendapatkan gigi putih cemerlang, gampang-gampang susah. Selain harus mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman, juga dibutuhkan perawatan dan perhatian khusus.

Merawat gigi di klinik perawatan akan membantu memutihkan dan menyehatkan gigi, tetapi tentu saja diperlukan biaya ekstra.

Jangan khawatir, Richard Marques, seorang dokter gigi dari Wimpole Street Dental, Inggris, membeberkan sembilan bahan alami untuk membantu memutihkan gigi. Kesembilan bahan-bahan tersebut cukup mudah ditemukan di rumah.

Berikut kesembilan bahan tersebut:

1) Garam

Garam mengandung zat antibakteri yang mampu membantu memutihkan gigi dan menjaga kesehatan gusi secara alami.

Cara penggunaan garam untuk membantu memutihkan gigi cukup mudah. Ambil satu sendok teh garam dan masukkan ke dalam segelas air hangat.

Gunakan air larutan garam tersebut untuk berkumur. Untuk meningkatkan efektivitasnya dalam memutihkan gigi, gunakan pula larutan soda kue untuk berkumur saat menggosok gigi.

Baca Juga: 7 Cara Alami Turunkan Kadar Asam Urat Tanpa Obat, Perhatikan Hal Ini

2) Soda kue

Soda kue atau baking soda memiliki kemampuan oksidasi untuk memutihkan gigi. Soda kue juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat pasta gigi.

Cara penggunaan soda kue untuk membantu memutihkan gigi cukup mudah. Campurkan satu sendok teh bubuk soda kue ke dalam segelas air.

Selanjutnya, oleskan air larutan baking soda tersebut pada gigi menggunakan sikat gigi. Lakukan cara ini secara rutin.

3) Makan makanan warna putih

Cara ini sekilas terlihat aneh, tetapi faktanya dengan mengonsumsi makanan yang berwarna putih akan membuat warna gigi menjadi semakin putih.

Beberapa makanan berwarna putih yang bisa dikonsumsi antara lain nasi putih, ikan, serta daging ayam.

Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berpigmen, misalnya blueberry, makanan yang mengandung kunyit, wortel, dan makanan berpigmen lainnya.

4) Makan buah stroberi



Sumber : Grid Health


BERITA LAINNYA



Close Ads x