Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Otak Anda Mandek Karena di Rumah Aja? Lakukan 6 Hal Ini

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 17:46 WIB
otak-anda-mandek-karena-di-rumah-aja-lakukan-6-hal-ini
Ilustrasi stres dan depresi akibat terlalu lama berada di rumah. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Vyara Lestari

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi sebagian orang, berada di rumah sepanjang waktu membuat pikiran mandek. 

Apalagi, setahun lebih belakangan, pandemi yang melanda dunia membuat banyak aktivitas terpaksa dilakukan di rumah. Waktu pun lebih banyak dihabiskan di rumah.

Untuk menjaga otak tetap aktif meski di rumah saja, Anda perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang memacu pikiran sekaligus ketenangan jiwa.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan di rumah selama masa pembatasan kegiatan di luar rumah:  

1. Bacalah buku atau koran

Membaca buku dinilai dapat memancing imajinasi dan membuat otak tetap aktif. Dalami novel yang memang ingin Anda baca, atau buku informatif atau koran dengan topik baru agar pikiran Anda tetap tangkas.

Cobalah pilih bacaan yang belum pernah dinikmati sebelumnya atau buku nonfiksi dengan topik yang tidak Anda ketahui. Ketika nanti mengobrol dengan seseorang, Anda bisa memberi tahu apa yang sudah Anda pelajari.

Jika Anda perlu membaca buku yang tidak begitu Anda minati untuk keperluan kelas atau pekerjaan tertentu, cobalah dalami materi buku dengan membacanya di tempat yang nyaman sambil menikmati secangkir kopi atau teh.

Baca Juga: Film 'Selesai' Ramai Dikritik, Nama Tompi jadi Trending Topic

2. Selesaikan teka-teki kata atau nomor 

Buka segmen teka-teki silang, sudoku, atau teka-teki lainnya di koran dan cobalah selesaikan kuis tersebut.

Jika Anda tidak memiliki koran atau buku permainan kata atau angka di rumah, carilah versi digitalnya di internet atau melalui ponsel untuk dimainkan sesuka hati.

Apabila ada orang lain di rumah atau malah Anda mengundang orang ke rumah, ajaklah mereka menyelesaikan teka-teki yang ada. 

3. Pelajari bahasa atau ikuti kelas baru 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x