Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting pada 22 Juni: Jakarta Ultah sampai Gol "Tangan Tuhan" Maradona

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 05:30 WIB
5-peristiwa-penting-pada-22-juni-jakarta-ultah-sampai-gol-tangan-tuhan-maradona
Ilustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV- Hari ini, tanggal 22 Juni, cukup banyak peristiwa penting yang terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Paling tidak untuk warga Jakarta pada hari ini kiranya bersuka cita karena tepat tanggal 22 Juni, kota mereka berulang tahun. Tak tanggung-tanggung usia kota ini sudah hampir setengah milenium, tepatnya 494 tahun.

Berikut ini 5 peristiwa penting pada tanggal 22 Juni yang disarikan KompasTV dari berbagai sumber:

1. Fatahilah Usir Portugis

Taman Fatahillah di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, dipenuhi warga untuk melepas penat saat akhir pekan, Minggu (11/1/2015). Museum dan juga taman ini diambilkan dari tokoh pendiri Kota Jakarta yakni Fatahillah. (Sumber: KOMPAS / AGUS SUSANTO)

Fatahillah merupakan tokoh yang dikenal sebagai pengusir bangsa Portugis dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Nama Fatahillah pertama kali disebutkan oleh Joao de Barros seorang ahli sejarah bangsa Portugis dalam seri bukunya yang berjudul Decadas da Asia.

Di situ, ia melaporkan bahwa salah satu kapal perang brigantin sejenis kapal layar bertiang dua terdampar di pantai Sunda Kelapa telah diserang oleh pasukan Muslim di bawah pimpinan Falatehan atau Fatahillah dan semua penumpangnya yang adalah laskar Portugis dibunuh. Peristiwa ini terjadi pada 22 Juni 1527.

Setelah itu Falatehan berangkat untuk mengislamkan Banten, dan diberi dukungan 2.000 orang prajurit dan pembantu oleh Raja. Dengan dukungan pasukan Muslim itulah Falatehan menaklukkan pelabuhan Sunda Kelapa dan Banten.

Baca Juga: Cerita Anies yang Kembali Shalat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota

2. Ulang Tahun Jakarta

Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (17/7/2014). Monumen peringatan setinggi 132 meter ini didirikan pada 1951 dan diresmikan pada 1961 dan menjadi ikon Kota Jakarta. (Sumber: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES)

Pada tanggal 22 Juni, Ibu Kota Republik Indonesia, Jakarta berulang tahun.

Berawal dari keberhasilan Fatahillah mengusir Portugis dari Sunda Kelapa tanggal 22 Juni 1527.

Semenjak saat itu, Sunda Kelapa berganti nama menjadi Jayakarta yang artinya “kemenangan yang nyata” atau “kemenangan yang sempurna".

Lantas, bagaimana hal ihwal tanggal 22 Juni ini ditetapkan sebagai hari jadi Kota Jakarta?

Hal ini berawal saat Wali Kota Jakarta periode 1953-1958 Sudiro menyadari pentingnya peringatan ulang tahun untuk Kota Jakarta. Namun peringatan itu harus berbeda dengan peringatan berdirinya Batavia.

Sudiro kemudian memanggil sejumlah ahli sejarah seperti Mohamad Yamin dan Dr Sukanto serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo untuk meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah.

Dari sana Sudiro berkeyakinan bahwa tahunnya adalah pasti, yaitu 1527. Namun yang menjadi pertanyaan adalah hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta.

Dr Sukanto menyerahkan naskah berjudul 'Dari Jayakarta ke Jakarta'. Dia menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah.

Baca Juga: Ulang Tahun Jakarta, Pemprov Adakan "Virtual Tour"



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x