Kompas TV euro 2020 jadwal pertandingan

Belgia vs Portugal, Roberto Martinez Tak Ingin Terlalu Fokus Hadang Ronaldo

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 17:15 WIB
belgia-vs-portugal-roberto-martinez-tak-ingin-terlalu-fokus-hadang-ronaldo
Penyerang bintang Portugal Cristiano Ronaldo. Dalam EURO 2020, Portugal dan Spanyol terancam menghadapi skenario terburuk tak bisa lolos ke babak 16 besar. (Sumber: USA Today)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

SEVILLA, KOMPAS.TV - Roberto Martinez tidak ingin terlalu fokus memikirkan cara membendung Cristiano Ronaldo saat Belgia menantang juara bertahan Piala Eropa dan UEFA Nations League, Portugal di 16 besar Euro 2020. 

Duel Belgia vs Portugal dijadwalkan bertempat di Stadion de La Cartuja, Sevilla pada Senin (28/6/2021) dini hari waktu Indonesia. 

Bentrok kedua tim ini disebut sebagai final kepagian, karena kualitas dan materi pemain yang dimiliki. 

Di kubu Belgia terdapat Romelu Lukaku, Eden Hazard, hingga Kevin De Bruyne. Sementara Portugal tentu mengandalkan sosok Cristiano Ronaldo. 

Baca Juga: Jelang Hadapi Belanda di 16 Besar Euro 2020, Pelatih Ceko: Kami Punya Peluang Bagus

Sebagai catatan, Ronaldo merupakan top skor sementara Euro 2020 dengan koleksi 5 gol dari 3 pertandingan. 

Lain itu, Ronaldo baru saja menjadi pemain sepak bola pria dengan jumlah koleksi gol internasional terbanyak (109 gol), menyamai catatan bomber legendaris Iran, Ali Daei. 

Kendati demikian, pelatih Belgia, Roberto Martinez tidak ingin memberikan instruksi kepada anak asuhnya untuk menjaga Ronaldo sepanjang laga. 

"Tentu caranya adalah menggalang pertahanan dengan baik, tetapi ketika Anda hanya fokus kepada seorang pemain, 10 pemain lainnya dapat memberikan Anda luka," sebut Martinez dikutip dari Reuters. 

Menurut dia, Ronaldo adalah pemain yang bisa menemukan sebuah momen, umpan, dan posisi yang tepat sehingga wajib waspada.

"Kami semua tahu bahwa dia adalah salah satu pesepakbola terhebat di dunia. Akan tetapi, kami juga harus siap mengawal 10 pemain lainnya. Portugal memiliki kelihaian dan kecepatan," jelas Martinez.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Puncaki Daftar Top Skor Sementara Euro 2020

"Bisa disimak alasan mengapa mereka sangat sukses beberapa tahun belakangan, menjuarai Euro 2016 dan UEFA Nations League, karena mereka memiliki mentalitas dan tahu bagaimana bersikap di laga-laga besar," imbuh eks pelatih Wigan Athletic itu.

Namun, Martinez tidak hanya memuji penampilan sang lawan. Dirinya percaya bahwa sudah saatnya Belgia melaju sejauh mungkin di Piala Eropa. 

Saat ini, Belgia merupakan unggulan terkuat menjadi kampiun Euro 2020, karena status mereka sebagai peringkat 1 FIFA. 

"Kami tidak sabar untuk melihat sejauh mana kami dapat berkembang. Kami dipenuhi kepercayaan diri dan memiliki momentum," sebut pelatih asal Spanyol tersebut. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x