Kompas TV entertainment lifestyle

Lateral Thinking Puzzle: Teka-teki yang Asah Kemampuan Berpikir Kreatif, Yuk Main!

Kompas.tv - 19 Juni 2020, 13:18 WIB
lateral-thinking-puzzle-teka-teki-yang-asah-kemampuan-berpikir-kreatif-yuk-main
Ilustrasi Otak (Sumber: Vectorstok.com dan adastra.fit.edu)
Penulis : Desy Hartini

Oleh: Elsa Anindya Nurul Putri/KOMPASTV

KOMPAS.TV - Apakah kamu banyak menghabiskan sebagian besar waktu di rumah? Belum lagi, pandemi Covid-19 mengharuskan para pekerja untuk bekerja dan beraktivitas lainnya dari rumah.

Momen seperti ini, sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk semakin dekat dengan keluarga daripada hanya terus menatap ke layar gadget.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan makan bersama, menonton film bersama, atau bahkan hanya sekadar mengobrol pasti kita lakukan di sela-sela keseharianmu.

Eits.. tapi kamu pernah gak sih merasa topik yang dibahas hanya itu-itu saja? Nah, agar obrolan dengan keluarga semakin seru, ada beberapa rekomendasi lateral thinking puzzle atau teka-teki lateral nih. Dijamin obrolan kamu dan keluarga bikin semakin mengasah kemampuan berpikir.

Eh tapi udah pada tahu belum teka-teki lateral itu apa?

Berpikir lateral pertama kali digagas oleh seorang psikolog bernama Dr. Edward de Bono pada 1990 melalui bukunya The Lateral Thinking. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa berpikir lateral adalah proses berpikir yang mendorong kreativitas dengan menggunakan inspirasi dan imajinasi dalam memecahkan masalah dari perspektif yang tidak terduga.

Singkatnya, berpikir lateral adalah cara pemecahan masalah dengan berpikir out of the box, yakni cara berpikir yang keluar dari gambaran umum. Nah, teka-teki lateral ini memiliki kemungkinan jawaban yang banyak, tetapi tetap ada yang paling tepat.

Selain seru untuk dimainkan bersama keluarga dan teman, teka-teki lateral ini sekaligus dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif, lo! 

Atau kalau kamu ingin tau seberapa kreatif jawaban teman atau keluargamu, bisa juga kita tunjukkin pertanyaan ini ke mereka. Yuk langsung aja kita coba jawab teka-tekinya di bawah ini! 

Ilustrasi Pria dan Wanita di dalam Mobil (Sumber: Freepik.com)

1. Pria dan Wanita dalam Mobil

Seorang pria dan istrinya berkendara menggunakan mobil dengan kecepatan di atas rata-rata. Beberapa menit kemudian, mobil berhenti di depan sebuah gedung dan sang suami turun dari mobil meninggalkan istrinya.

Saat sang suami kembali ke mobil, betapa terkejutnya dia melihat sang istri sudah tidak bernyawa bersama dengan seorang asing di dalam mobil. Apa yang terjadi?

Ilustrasi bartender (Sumber: Pngegg.com)

2. Pria di sebuah bar

Seorang pria memasuki sebuah bar di suatu kota. Ia memesan segelas air putih kepada bartender. Sang bartender meresponnya dengan secara tiba-tiba mengacungkan sebuah pistol ke kepala pria tersebut.

Sang pria hanya tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada sang bartender kemudian pergi keluar. Mengapa?

3. Wanita di Lantai 20

Seorang wanita paruh baya yang belum menikah tinggal sendiri di sebuah apartement. Ia tinggal di kamar yang terletak di lantai 20. Setiap harinya, wanita tersebut menggunakan lift untuk turun hingga lantai dasar saat pergi bekerja dan belanja.

Apabila cuaca sedang hujan, wanita itu akan kembali ke kamarnya menggunakan lift langsung sampai lantai 20, namun ketika cuaca cerah, dia menggunakan lift hanya sampai lantai 15 lalu kemudian melanjutkan perjalanan ke kamarnya di lantai 20 dengan menggunakan tangga.

Sementara wanita tersebut sebenarnya tidak suka berjalan. Mengapa demikian?

4. Dua Pria di Gurun Pasir




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x