Kompas TV entertainment selebriti

Kabar Duka, Aktor Henky Solaiman Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Kompas.tv - 15 Mei 2020, 20:04 WIB
kabar-duka-aktor-henky-solaiman-meninggal-dunia-di-usia-78-tahun
Bintang sinetron Henky Solaiman. (Sumber: (Instagram/@opahenky))
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Indonesia kehilangan salah satu aktor terbaik yang malang melintang di jagat perfilman nasional. Adalah aktor senior Henky Solaiman yang meninggal dunia di usia 78 tahun. 

Henky meninggal pada Jumat (15/5/2020). Kabar tersebut dibagikan beberapa insan film Indonesia di media sosial. Salah satunya sutradara Joko Anwar. 

“Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om,” tulis JokoAnwar pada akun Twitternya, Jumat (15/5/2020).

Baca Juga: Djoko Santoso Meninggal Dunia, Andre Rosiade: Selamat Jalan Jenderal

Selain Joko Anwar, sutradara lainnya yakni Ernest Prakasa juga memberikan informasi yang sama. Ernest mengaku sangat terhormat pernah main fim bersama yakni berjudul Ngenst dan Susah Sinyal.

"Selamat jalan Om Henky Soelaiman. Sebuah kehormatan pernah berkarya bersama di film Ngenest & Susah Sinyal," tulis Ernest.

Dilansir dari Kompas.com, aktor bernama Ade Firman Hakim membenarkan informasi tersebut. Ia mengaku mendapat kabar duka tersebut dari grup Whatsapp yang diikutinya.

 "Iya (meninggal). Jadi, saya dapat kabar di grup WhatsApp Demi Film Indonesia katanya Om Henky meninggal di rumahnya hari ini jam 16.40," kata Ade.

Namun Ade Firman juga belum bisa menjelaskan lebih detail tentang kepergian aktor kelahiran 30 Agustus 1941 tersebut.

"Kalau sekarang sih saya belum bisa kasih tahu karena saya juga hubungin Bang Verdi (putra Henky Solaiman) belum bisa. Lagi sibuk kali ya," ujar Ade.

Ade Firman Hakim mengaku sudah tahu bahwa Henky Solaiman mengidap penyakit kanker usus. Beberapa waktu lalu, Verdi Solaiman pernah mencari donor darah untuk transfusi ayahnya yang punya golongan daarah AB+.

Baca Juga: Prosesi Pemakaman Adi Kurdi Diiringi Gerimis, Pusaranya Berdampingan dengan WS Rendra dan Mbah Surip

Pada Maret 2020 lalu, Henky diketahui menjalani operasi karena kanker usus yang dideritanya sejak beberapa bulan lalu. Henky Solaiman mengetahui bahwa dia mengidap kanker usus sejak Januari 2020.

Demi menyembuhkan penyakitnya, Henky Solaiman mundur dari sinetron Dunia Terbalik yang dibintanginya selama 2,5 tahun.

Henky sudah menyatakan pensiun dari dunia sinetron dan perfilman semenjak Januari 2020 lalu. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x