Kompas TV entertainment selebriti

Cerita Will Smith Khatam Al-Qur'an 30 Juz selama Ramadan: Indah dan Jernih

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 12:29 WIB
cerita-will-smith-khatam-al-qur-an-30-juz-selama-ramadan-indah-dan-jernih
Aktor Hollywood Will Smith. (Sumber: Variety/Jordan Strauss/Invision/AP)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Will Smith mengatakan sudah membaca terjemahan kitab suci umat Islam, Al-Qur'an, dari sampul ke sampul alias khatam pada Ramadan tahun 2023 lalu. Ia juga mengaku mudah memahami isi Al-Qur'an karena disampaikan dengan sederhana dan isinya sangat jelas.

Will Smith kagum dengan penyebutan Nabi Musa yang berulang kali dalam Al-Qur'an, dan ia mendapati kisah-kisahnya sangat menyentuh. Smith juga membaca Al-Qur'an kala dirinya telah melalui masa sulit selama dua tahun terakhir.

Ucapan Will Smith dalam sebuah podcast tahun lalu, ternyata ramai dibicarakan lagi pada Ramadan kali ini. Videonya beredar di banyak platform media.

“Saya menyukai kesederhanaan, Al-Qur'an sangat jelas, sangat jelas. Sulit untuk menghindari kesalahpahaman,” kata Will Smith kepada jurnalis Mesir, Amr Adeeb di Big Time Podcast pada Desember lalu, dalam video yang kembali viral mengutip Saudi Gazette, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: Prancis-Rusia Terancam Perang, Kekuatan Militer Negara Macron Jadi Sorotan

“Semangatnya begitu indah dan jernih,” lanjutnya.

Will Smith mengatakan ia terkejut dengan adanya persamaan antara kitab suci Yudaisme (Yahudi), Kristen, dan Islam.

“Saya membaca semua kitab suci, dan saya terkejut karena semuanya seperti satu cerita, dari Taurat, Alkitab, hingga Al-Qur'an, hubungan di antara keduanya tidak terputus," katanya.

“Saya terkejut betapa ini seperti sebuah cerita, dari Taurat melalui Alkitab dan ke dalam Al-Qur'an. Saya tidak pernah sepenuhnya memahami Abraham sebagai ayah dan kemudian berpisah dengan Ishak dan Ismail dan sungguh indah bisa menyelesaikan pemahaman itu," lanjutnya.

Will Smith pun menyatakan kecintaannya pada Arab Saudi.

“Saya mengikuti tur proyek NEOM, melihat Kota Jeddah, dan melakukan dua perjalanan ke Riyadh dan ini adalah kunjungan ketiga saya ke Arab Saudi. Saya menikmati hidup saya di sini dan merasa pantas berada di sini,” katanya.

Baca Juga: Gugat Hasil Pilpres ke MK, Tim Hukum Amin: Kami Berharap Pemungutan Suara Ulang, Tanpa Cawapres 02

Ia mengatakan Al-Qur'an membantunya untuk membesarkan anak-anaknya.

“Saya pikir membesarkan anak akan berakhir pada usia 21 tahun, tapi itu baru saja dimulai. Semua anak saya berusia dua puluhan, kecuali anak tertua yang berusia 31 tahun," kata Will Smith.

Menurutnya, anak-anaknya yang mulai tumbuh dewasa membutuhkan nasihat ketika menjalani kehidupan yang lebih serius.

"Setiap jiwa bertanggung jawab atas dirinya sendiri," kata Will Smith, mengutip pelajaran yang ia ambil dari Al-Qur'an.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x