Kompas TV entertainment film

Cillian Murphy Raih Penghargaan Aktor Pemeran Utama Terbaik Oscar 2024

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 10:26 WIB
cillian-murphy-raih-penghargaan-aktor-pemeran-utama-terbaik-oscar-2024
Aktor Irlandia, Cillian Murphy, memegang trofi Oscar kategori aktor pemeran utama terbaik untuk aktingnya di film Oppenheimer di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu, 10 Maret 2024 atau Senin WIB. (Sumber: Jordan Strauss/Invision/AP)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

 

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Aktor Irlandia, Cillian Murphy, berhasil memenangi Oscar untuk kategori aktor pemeran utama terbaik atas perannya sebagai J. Robert dalam film Oppenheimer, karya Christopher Nolan.

Murphy mengalahkan nama-nama beken lainnya yaitu Bradley Cooper (Maestro), Paul Giamatti (The Holdovers), Colman Domingo (Rustin), dan Jeffrey Wright (American Fiction). 

Seusai menerima penghargaan, Murphy mengucapkan terima kasih kepada Academy Awards, Nolan, dan produser eksekutif Emma Thomas, di atas podium.

“Ini merupakan perjalanan paling liar, paling menggembirakan, dan paling memuaskan secara kreatif yang pernah aku lakukan selama 20 tahun terakhir. Saya berutang budi lebih dari yang bisa saya katakan,” ungkap Murphy dalam pidato kemenangan Oscar 2024 di panggung Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (10/3/2024) atau Senin WIB, seperti dikutip Variety.

“Terima kasih banyak [kepada] setiap anggota kru, setiap anggota pemeran di Oppenheimer, kalian mendukung saya. Semua rekan yang ada dalam nominasi saya (Aktor Pemeran Utama Terbaik), saya tetap kagum pada kalian."

Baca Juga: 5 Aktor Bersaing Jadi Pemeran Utama Terbaik di Panggung Academy Awards ke-96

Aktor tersebut kemudian berhenti sejenak untuk mengucapkan terima kasih secara pribadi kepada keluarganya.

“Kedua putra saya yang duduk di atas sana, saya sangat mencintai kalian, dan saya adalah orang Irlandia yang sangat bangga berdiri di sini malam ini," ujarnya.

Murphy juga mendedikasikan momennya di atas panggung untuk mereka yang memperjuangkan perdamaian.

“Kami membuat film tentang orang yang menciptakan bom atom, dan baik atau buruk, kita semua hidup di dunia Oppenheimer, jadi saya ingin mendedikasikan film ini kepada para pembawa perdamaian di mana pun," ujarnya.



Sumber : Kompas TV, Variety


BERITA LAINNYA



Close Ads x