Kompas TV entertainment musik

Bela Program Makan Siang Gratis, Chef Arnold Dikritik Netizen, Begini Penjelasan Menko Perekonomian

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 15:13 WIB
bela-program-makan-siang-gratis-chef-arnold-dikritik-netizen-begini-penjelasan-menko-perekonomian
Chef Arnold  (Sumber: YouTube/MasterChef Indonesia)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Chef Arnold jadi sorotan di platform X, setelah mencuit postingan rincian harga bahan baku untuk program makan siang gratis Calon Presiden Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming.

Dalam unggahannya di X, Chef Arnold menjabarkan harga bahan-bahan makanan dari beras hingga satu kilogram ayam. Berikut rincian Chef Arnold perihal bahan untuk program makan siang gratis, dikutip Minggu (3/3/2024).

"Harga beras Rp18.000/Kg 1porsi 50g beras = Rp900 (belum berat jadi nasi). Telur  Rp17.000/500g 1 butir 70g’an  1butir = Rp2.450'an,"

Baca Juga: Presiden Jokowi: Harga BBM Tidak akan Naik

"Ayam Rp20.000/kg porsi 100g = Rp4.000. Sayur-sayur brokoli, wortel, pak choy pukul rata2 Rp25.000/kg 1 porsi 150g (sebelum penyusutan) = Rp3.750. Bumbu,minyak,seasoning dll anggap Rp4.000,"

"Total kurang lebih Rp 14.200’an pake daging sapi mungkin bisa lebih mahal dikit tapi bisa adjust yg lain." 

"Konteks masih budget makanan di luar masak-masak dll," tulis Chef Arnold

Namun rincian harga yang dibuat Chef Arnold dinilai terlalu murah dan faktanya berbeda dari harga kebanyakan di pasar-pasar. Hal tersebut membuat Chef Arnold dikritik netizen karena tidak sesuai.

"Juri masterchef nggak pernah ke pasar? Mana ada ayam sekilo Rp 20ribu? Di rumah gua aja Rp35 ribu," tulis salah satu netizen.

"Ngawur, ini chef ga pernah ke pasar, coba kasih tahu pasar mana yang jual telur per kilo Rp 17ribu," sahut netizen lainnya.

Baca Juga: Otak Pembunuhan Indriana karena Cinta Segitiga Ternyata Caleg DPR Partai Garuda, Akhirnya Dipecat

Menelusuri harga pasaran ayam dam telur satu kilogram di marketplace. Ditelusuri, ayam 1 kilogram rata-rata dibanderol seharga Rp 30 ribu sampai 45 ribu. Sementara telur rata-rata dihargai Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu.

Penjelasan Menko Perekonomian

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga menyebut memang kisaran per anak mendapatkan jatah makan siang gratis Rp15 ribu, di luar susu.


 

Ia mengatakan ada sekitar 70,5 juta orang yang kemungkinan menjadi penerima makan siang dan susu gratis tersebut. Jumlah calon penerima ini terdiri dari 22,3 juta anak balita, 7,7 juta anak TK, 28 juta anak SD, dan 12,5 juta anak SMP hingga Madrasah.

Adapun makan siang gratis menjadi salah satu program unggulan dari pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dalam hasil hitung cepat (quick count) Pilpres 2024, pasangan itu unggul dibanding dua pasangan calon lainnya.

"Sesudah ini bisa dilaksanakan tahun depan sesuai dengan tahapan-tahapan. (Belum se-indonesia), ada tahapannya. 2025 sudah bisa dimulai tahap awal," kata Airlangga mengutip Kompas.com saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x