Kompas TV entertainment seni budaya

Astra dan Kompas Gramedia Hadirkan Pameran Seni "Indonesian Dream" di Jakarta, Gratis untuk Umum!

Kompas.tv - 4 November 2023, 00:00 WIB
astra-dan-kompas-gramedia-hadirkan-pameran-seni-indonesian-dream-di-jakarta-gratis-untuk-umum
Pameran Seni Rupa Indonesian Dream yang diselenggarakan di Galeri Astra Lantai 5, Menara Astra, Jakarta. (Sumber: Kompas Gramedia)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Astra berkolaborasi dengan Kompas Gramedia melalui Galeri Astra dan Bentara Budaya dalam menghadirkan pameran seni rupa yang berjudul "Indonesian Dream," yang dibuka dari tanggal 2 November 2023, di Galeri Astra Lantai 5, Menara Astra, Jakarta.

Selain menyuguhkan karya seni yang memukau, pameran ini juga membawa pesan inspiratif yang memotivasi masyarakat untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, menyatakan bahwa pameran ini memberikan wadah bagi seniman muda Indonesia untuk menyampaikan pesan inspiratif melalui seni rupa.

Tidak hanya itu, ia juga berharap pameran ini akan memotivasi masyarakat untuk menemukan semangat baru dalam berkarya demi kemajuan bangsa dan negara.

"Indonesian Dream" menampilkan 31 karya seni rupa dari 28 seniman yang dipilih melalui kurasi oleh Bentara Budaya dan ASTRA. Seniman tersebut di antaranya; Anagard, Angga Yuniars, Antonius KHO, Bunga Fatia, Dyan Anggraini, Gogor Purwoko, Ika W Burhan, Inanike Agusta dan Kana Fuddy’P, dan John Martono, dan Krishnaetha.

Baca Juga: 25 Oktober Jadi Hari Seniman Internasional: Sejarah dan Pentingnya Peringatan Ini

Tidak hanya itu, Kun Adnyana, Maya Augustina, Melodia, Nyoman Sani, I Nyoman 'Polenk' Rediasa, Putu Bonuz Sudiana, Rahardi Handining, Rahayu Retnaningrum, Restu Taufik Akbar, Rotua Magdalena, Ruben & Paul (The Barkomuns), Suharmanto, Talitha Maranila, Teguh Ostenrik, Vy Patiah, dan Yana W. Sucipto, juga ikut serta dalam pameran tersebut.

Para seniman tersebut mengungkapkan mimpi Indonesia dalam berbagai medium seni yang dinamis. Mereka menyampaikan gagasan tentang bagaimana kita bisa selalu berpikir optimis, meskipun terkadang tidak rasional dalam menghadapi tantangan dan risiko.

Selain itu, para seniman dari berbagai latar belakang dan wilayah di Indonesia juga mengungkapkan semangat yang luar biasa melalui beragam jenis karya seni, termasuk lukisan, gambar, patung, kain, instalasi, seni digital, dan video, seperti yang diungkapkan oleh Ilham Khoiri dan M. Hilmi Faiq, yang bertindak sebagai kurator dalam teks kuratorial.

Melalui pameran ini, diharapkan pengunjung dapat mendapatkan inspirasi dan melihat representasi dari mimpi-mimpi Indonesia yang diwujudkan dalam beragam bentuk seni visual yang dinamis.

Selain itu, melalui pameran ini juga diharapkan mampu mendorong seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk mempertahankan pandangan positif yang disertai dengan pemikiran rasional dan sikap yang bijaksana.

Jadwal Pameran

Waktu : 3-6 November 2023, setiap pukul 09.00 s/d 16.00 WIB



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x