Kompas TV internasional kompas dunia

25 Oktober Jadi Hari Seniman Internasional: Sejarah dan Pentingnya Peringatan Ini

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 07:45 WIB
25-oktober-jadi-hari-seniman-internasional-sejarah-dan-pentingnya-peringatan-ini
Ilustrasi Karya Seni (Sumber: vecstock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Hari Seniman Internasional yang dirayakan pada 25 Oktober adalah saat yang tepat untuk menghormati segala bentuk seni dan seniman.

Seni adalah ekspresi kreatif manusia yang memadukan beragam elemen. Seni bisa menggambarkan keindahan hidup atau realitas yang pahit.

Seni mencatat sejarah, revolusi, pemberontakan, dan terkadang menjadi alat untuk melarikan diri dari realitas tersebut. Dengan kata lain, tidak ada sejarah atau budaya tanpa seni.

Oleh karena itu, hari ini adalah momen yang tepat untuk merayakan semua bentuk seni. Mulai dari lukisan, patung, fotografi, arsitektur, musik, dan banyak lagi.

Dikutip dari National Today dan National Day Calendar, berikut ini adalah sejarah dan cara memperingati Hari Seniman Internasional.

Sejarah Hari Seniman Internasional

Hari Seniman Internasional berawal pada musim panas tahun 1961, ketika John F. Kennedy, Presiden Amerika ke-35, berusaha untuk menyelesaikan perselisihan gaji antara Metropolitan Opera dan American Federation of Musicians.

Tentunya tindakan tersebut membuahkan hasil, serta menandakan bahwa Kennedy memiliki ketertarikan dan semangat yang tinggi terhadap seni.

Baca Juga: Kolaborasi Astra Bersama Seniman Muda Yessiow di Halte Transjakarta Bundaran HI Astra

Kongres pada pertengahan tahun 60-an menetapkan Pusat Kebudayaan Nasional yang diluncurkan pada tahun 1958 sebagai "living memorial" atau kenangan hidup, untuk Presiden Kennedy dan mengizinkan alokasi dana sebesar 23 juta dollar untuk memulai pembangunan. Sekarang, tempat ini dikenal sebagai Kennedy Center.

Tahun berikutnya, Lyndon B. Johnson, Presiden Amerika ke-36, menandatangani National Foundation on the Arts & the Humanities Act atau Undang-Undang Yayasan Nasional Seni & Humaniora, yang menciptakan National Endowment for the Arts. 

Pada 1970, fokus pada seni semakin menyebar ke televisi dan sinema. Mobil Oil berkomitmen lebih dari $1 juta kepada Perusahaan Penyiaran Publik untuk penyajian Masterpiece Theatre di PBS dan untuk memberikan 5 juta salinan majalah Sesame Street baru kepada anak-anak prasekolah di lingkungan berpendapatan rendah.



Sumber : National Today, National Day Calendar


BERITA LAINNYA



Close Ads x