Kompas TV entertainment film

Rilis Hari Ini! Ini Cerita di Balik Film Pocong Gundul, Ada Mantra Asli Berbahasa Jawa Kuno

Kompas.tv - 21 September 2023, 08:47 WIB
rilis-hari-ini-ini-cerita-di-balik-film-pocong-gundul-ada-mantra-asli-berbahasa-jawa-kuno
Meet & Greet with Creator & Cast Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul di Lippo Plaza Yogyakarta, Rabu (20/9/2023). (Sumber: Kompas.tv/Fiqih Rahmawati)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul garapan sutradara Awi Suryadi yang mulai tayang hari ini, Kamis (21/9/2023), memiliki cerita unik di balik proses syutingnya.

Dalam acara “Meet & Greet with Creator & Cast Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul”, Awi Suryadi bersama Hari Kurniawan atau dikenal sebagai Om Hao hadir menceritakan cerita-cerita tersebut. 

Para pemeran, seperti Della Dartyan, Nayla Purnama, dan Pritt Timothy juga datang di Lippo Plaza Yogyakarta, Rabu (20/9) petang.

Simak cerita di balik proses syuting film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul.

Baca Juga: Sinopsis The Expendables 4, Iko Uwais Jadi Pedagang Senjata sekaligus Pemimpin Tentara Bayaran!

Awal Pertemuan dengan Pocong Gundul

Om Hao bercerita bahwa pertemuannya dengan entitas Pocong Gundul bernama Walisdi  terjadi pada tahun 2018. Kala itu, dia bersama timnya tengah menelusuri salah satu sekolah di Yogyakarta, tempat terjadinya kesurupan massal.

Menurutnya, sosok Pocong Gundul ini merupakan entitas hantu yang unik karena berbeda dengan visual pocong pada umumnya. 

“Waktu ketemu unik gitu, biasanya diiket, itu dilepas, seperti pakai hoodie kalau dari jauh, bukan tidak punya rambut, tapi rambutnya itu sudah mengeras, sudah nyatu,” kata Om Hao, Rabu (20/9).

Dia bercerita bahwa entitas tersebut sangat kooperatif dan bisa diajak bercerita. Sosok itu bahkan mau digambar.

Om Hao menjelaskan bahwa kisah Pocong Gundul ini ditelusuri secara retrokognisi, melihat ke belakang. Dia melakukan dengan melihat literatur dan fakta-fakta sejarah guna memastikan kebenaran cerita.

Singkatnya, pada tahun 2019, buku Kisah Tanah Jawa pun selesai dan cerita Pocong Gundul bisa dinikmati pembaca.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.