Kompas TV entertainment seni budaya

Update Kebakaran Museum Nasional, Koleksi Hasil Repatriasi dari Belanda Dipastikan Aman

Kompas.tv - 17 September 2023, 13:46 WIB
update-kebakaran-museum-nasional-koleksi-hasil-repatriasi-dari-belanda-dipastikan-aman
Bagian belakang bangunan Museum Nasional atau Museum Gajah tampak ambruk akibat kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam. (Sumber: KOMPAS.com/TRIA SUTRISNA)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koleksi Museum Nasional Indonesia hasil repatriasi dari Belanda dipastikan aman dan tidak terdampak kebakaran yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan bahwa koleksi tersebut disimpan jauh dari titik api yang melahap Gedung A.

“Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran,” kata Ahmad melalui keterangan resmi, Minggu (17/9).

Baca Juga: Kondisi Terkini Museum Nasional usai Kebakaran, Koleksi Replika Bagian Prasejarah Terdampak

Melansir laman resmi museumnasional.or.id, pada 2019 lalu, Museum Nasional menerima 1.500 benda budaya dari Museum Nusantara, Delft, Belanda. Benda bersejarah tersebut diperoleh dengan cara tidak pantas saat Belanda menjajah Indonesia.

Tahun ini, empat arca dari Kerajaan Singasari dikembalikan dari Belanda ke Indonesia, yakni Durga Mahisasuramardini, Mahakala, Nandiswara, dan Ganesha.

Ahmad menambahkan bahwa saat ini situasi sudah aman terkendali. Titik-titik api berhasil dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran sempat melakukan pendinginan karena asap-asap kecil masih tampak mengepul dari puing-puing bangunan.

Terdapat enam ruangan yang terbakar dalam peristiwa itu. Koleksi replika di bagian prasejarah juga turut terdampak. Sisanya, koleksi dipastikan aman.

“Ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak. Api tidak menyebar,” jelas dia.


Baca Juga: 5 Benda Bersejarah di Museum Nasional Indonesia, Ada Prasasti Mulawarman hingga Kitab Sutasoma

Sebagai informasi, kebakaran terjadi di Museum Nasional Indonesia, Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB. Penyebab kebakaran masih terus diusut.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan penyebab sementara kebakaran Museum Nasional ini diduga karena adanya korsleting listrik.

Korsleting listrik ini diduga terjadi di area bedeng tukang yang tengah merenovasi Gedung Blok C Museum Nasional. Akibatnya, api terpantik hingga menyebabkan kebakaran.

 



Sumber : museumnasional.or.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x