Kompas TV entertainment film

Serial Gadis Kretek: Sinopsis, Daftar Pemain dan Jadwal Tayangnya, Dibintangi Dian Sastro

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 06:30 WIB
serial-gadis-kretek-sinopsis-daftar-pemain-dan-jadwal-tayangnya-dibintangi-dian-sastro
Arya Saloka, Putri Marino, Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu akan membintangi serial Netflix Gadis Kretek yang tayang tahun 2023. (Sumber: Netflix)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serial Gadis Kretek yang diproduksi oleh Netflix akan menampilkan sejumlah aktor papan atas seperti Dian Sastrowardoyo, Putri Marino hingga Ario Bayu.

Serial ini begitu dinantikan oleh penikmat film lantaran diadaptasi dari novel sejarah karangan Ratih Kumala yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama.

Gadis Kretek mengangkat budaya Jawa, khususnya mengenai pergerakan pabrik kretek pada masa awal berdiri di Indonesia.

Serial ini disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah yang ditayangkan di Netflix pada tahun 2023 sebagai serial orisinal Netflix pertama di Indonesia.

Berikut sinopsis Gadis Kretek, daftar pemain dan jadwal rilisnya, dirangkum Kompas.tv, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: 5 Fakta Film Gadis Kretek, Berawal dari Novel hingga Jadi Series Netlix

Sinopsis Gadis Kretek

Gadis Kretek menceritakan tentang Pak Soeraja, pemilik pabrik kretek Djagad Raya, yang sudah sekarat. Di saat-saat terakhirnya, Soeraja justru terus-terusan memanggil nama seorang perempuan bernama Jeng Yah.

Jeng Yah bukan istri Pak Soeraja. Nama itu membuat ketiga anaknya, Tegar, Karim, dan Lebas mencari sosok Jeng Yah di Jawa Tengah.

Perjalanan ketiga anak Soeraja rupanya menguak rahasia keluarga, terutama sejarah berdirinya Pabrik Kretek Soejagad Raja, milik ayah mereka.

Kisah pencarian mereka membawa kembali pada masa muda Soejagad dan Idroes Moeria, seorang rival sejak awal memulai karir mereka mendalami rokok kretek. 

Mereka juga bertemu buruh bathil (pelinting tua) yang menguak asal-usul Kretek Djagad Raya hingga menjadi kretek nomor satu di Indonesia.

Siapa Jeng Yah dan apa hubungannya dengan Pak Soeraja? Hal itu akan terungkap dalam serial Gadis Kretek.

Baca Juga: Ini Peran Arya Saloka di Serial Netflix 'Gadis Kretek', Main Bareng Putri Marino dan Dian Sastro

Daftar Pemain Gadis Kretek

1. Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.