Kompas TV entertainment selebriti

Ammar Zoni Didakwa Pasal Alternatif Terkait Kasus Narkoba, Kuasa Hukum: Layak Divonis Rehabilitasi

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 20:40 WIB
ammar-zoni-didakwa-pasal-alternatif-terkait-kasus-narkoba-kuasa-hukum-layak-divonis-rehabilitasi
Aktor Ammar Zoni yang ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba, berbicara dalam konferensi pers di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2023) malam. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemain film dan sinetron, Ammar Zoni didakwa pasal alternatif terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Dakwaan itu dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/8/2023).

Ammar Zoni didakwa dua pasal, yakni yang utama pasal 112 ayat 1 Jo Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika terkait kepemilikan narkoba dan pasal alternatif Pasal 127 ayat 1 tentang penyalahgunaan narkotika.

"Jadi tadi Ammar didakwa dengan dakwaan alternatif. Ada dua dakwaan disitu, dakwaan utama mengenai kepemilikan dan kedua yang alternatifnya soal pengguna," kata Agung Ahmad Wijaya, kuasa hukum Ammar Zoni seusai sidang.

Baca Juga: Dua Bulan Sudah Ammar Zoni Jalani Rehabilitasi, Irish Bella Ungkap Kondisi Terkini

Dalam hal ini, Agung Ahmad Wijaya yakin kliennya akan menerima hukuman dari dakwaan alternatif.

Menurutnya, Ammar layak divonis rehabilitasi,

"Karena memang asesmen rehabilitasi diterima penyidik dan Ammar sudah lakukan rehabilitasi di panti rehab. Hasil pemeriksaan pun menyatakan Ammar masuk dalam kategori pengguna ringan," sambungnya.


Selain itu, Agung menyebut, dalam dakwaan jaksa, kliennya menggunakan narkotika untuk kepentingan diri sendiri, dan bukan untuk bisnis.

"Selain itu, Ammar juga tidak terlibat dalam jaringan internasional. Jaksa dan polisi juga membenarkan itu, serta Ammar tidak jadi DPO polisi. Karena saat dua teman Ammar ditangkap, polisi sedang menindaklanjuti laporan lain, tempat kejadian perkara sering dijadikan penyalahgunaan narkotika," jelasnya.

Tak Ditemani Irish Bella

Ammar Zoni tiba di PN Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB menumpang mobil tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Baca Juga: Lebaran Tanpa Ammar Zoni, Irish Bella: Berbeda, tapi Spesial

Dalam sidang dakwaan kali ini, Ammar Zoni hanya ditemani sang kakak, Aditya Zoni dan ayahnya. Sementara sang istri, Irish Bella tidak hadir.

Ammar Zoni tidak banyak berkomentar terkait istrinya yang tidak hadir. Meski begitu, Ammar yakin Irish Bella dan anak-anaknya mendoakan jalannya sidang.

"Mereka baik-baik saja dan mendoakan saya. Doain aja, minta doa biar proses pengadilan ini berjalan dengan sebaik-baiknya," kata Ammar Zoni.

Sebagai informasi, Ammar Zoni terjerat kasus narkoba untuk kedua kalinya pada 8 Maret 2023 lalu. Dia ditangkap bersama dua orang lain.

Polisi telah mengamankan empat barang bukti, yakni dua bungkus klip plastik bening yang di dalamnya berisi narkotika dengan berat bruto keseluruhan 1,04 gram, plastik bening berisikan narkotika jenis sabu berat bruto 0,14 gram, dan tiga unit handphone.

 



Sumber : Kompas TV/Warta Kota


BERITA LAINNYA



Close Ads x