Kompas TV entertainment musik

Musisi Taylor Swift Pecahkan Rekor untuk Album Nomor 1 Terbanyak oleh Seniman Perempuan

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 12:19 WIB
musisi-taylor-swift-pecahkan-rekor-untuk-album-nomor-1-terbanyak-oleh-seniman-perempuan
Taylor Swift secara resmi punya lebih banyak album nomor satu daripada perempuan mana pun dalam sejarah. Speak Now (Taylor's Version), yang dirilis awal bulan ini secara resmi debut di posisi nomor satu di tangga album Billboard 200, menjadi album keduabelasnya yang mencapai posisi puncak Billboard. (Sumber: AP Photo/Ashley Landis). (Sumber: AP Photo/Ashley Landis)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Selamat untuk Taylor Swift dan para penggemarnya yang setia, Swifties. Pencipta lagu, pemusik, dan Bintang pop ini secara resmi punya lebih banyak album nomor satu daripada perempuan mana pun dalam sejarah.

“Speak Now (Taylor's Version)”, yang dirilis awal bulan ini, adalah album ketiganya dalam usahanya merekam ulang enam album pertamanya, yang dimulai setelah manajer musiknya, Scooter Braun, menjual katalog musik awalnya.

Album ini secara resmi debut di posisi nomor satu di tangga album Billboard 200, menjadi album keduabelasnya yang mencapai posisi puncak, seperti dilaporkan oleh Associated Press, Selasa, (18/7/2023). Sebelumnya, Barbra Streisand memegang rekor tersebut, dengan 11 album nomor satu.

Swift menyamai rekor Drake dengan 12 album nomor satu, tetapi berada di bawah Jay-Z, yang memiliki 14 album nomor satu, dan the Beatles, yang memiliki 19.

Selain mencapai tonggak luar biasa ini, Swift juga memiliki album terlaris tahun 2023 hingga saat ini, dengan 716.000 unit album setara, menurut Luminate. Sebanyak 506.600 unit merupakan penjualan album tradisional (kombinasi dari 410.000 penjualan fisik dan 96.600 penjualan digital).

Dengan angka-angka tersebut, Swift menggulingkan penyanyi country Morgan Wallen, yang albumnya "One Thing at a Time" terjual 501.000 unit dalam minggu pertamanya.

Album ini debut di puncak tangga album Billboard, menjadi album nomor satu keduabelas sang ratu pop dan mengalahkan rekor Barbra Streisand yang paling banyak dipegang oleh perempuan.

Untuk penyanyi pria, Jay-Z dan the Beatles keduanya memiliki lebih dari selusin album nomor satu, meskipun Billboard mencatat bahwa sistem peringkat album berubah selama beberapa dekade untuk mencakup album-anthology.

Baca Juga: Lebih dari 1,4 Juta Orang Antre Online di Presale Tiket Konser Taylor Swift

Taylor Swift saat konser The Eras Tour di New Jersey, Amerika Serikat, 28 Mei 2023. Taylor Swift secara resmi punya lebih banyak album nomor satu daripada perempuan mana pun dalam sejarah. Speak Now (Taylor's Version), yang dirilis awal bulan ini secara resmi debut di posisi nomor satu di tangga album Billboard 200, menjadi album keduabelasnya yang mencapai posisi puncak Billboard. (Sumber: AP Photo/Ashley Landis). (Sumber: Twitter Taylor Swift)

Swift, yang berusia 33 tahun, juga menjadi artis hidup pertama dalam hampir 60 tahun terakhir yang memiliki empat album di 10 besar secara bersamaan, tambah organisasi tersebut.

Album-album tersebut termasuk "Midnights," "Lover," dan "Folklore."

Billboard menyatakan bahwa Swift juga menjadi artis hidup pertama yang punya 11 album dalam 200 besar tangga album secara bersamaan.

Prestasi luar biasa Taylor Swift datang saat ia tampil dengan banyak hits terbaiknya dalam tur "Eras" yang mendapat respons antusias dari para penggemar.

Tur konser stadion sebanyak 106 pertunjukan ini dimulai pada bulan Maret dan berada dalam jangkauan untuk menjadi tur miliaran dolar pertama.

"Speak Now" awalnya dirilis pada tahun 2010. Swift telah bersumpah untuk merekam ulang enam album pertamanya sehingga dia dapat mengendalikan hak-haknya – sebuah proses yang dia izinkan kontrak untuk memulainya pada November 2020.

Dia juga telah merekam ulang album "Fearless" dan "Red." Pada Oktober tahun lalu, Swift menjadi artis pertama yang berhasil menguasai sepuluh posisi teratas di tangga lagu AS setelah merilis album studio kesepuluhnya yang berjudul "Midnights."



Sumber : Associated Press / France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x