Kompas TV entertainment seni budaya

Kapan Malam 1 Suro? Berikut Sejumlah Mitos Pantangan dan Larangan Menurut Adat Jawa

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 09:59 WIB
kapan-malam-1-suro-berikut-sejumlah-mitos-pantangan-dan-larangan-menurut-adat-jawa
Mitos larangan dan pantangan saat malam 1 Suro. Diketahui, menurut Kalender Jawa, malam 1 Suro akan terjadi pada Selasa (18/7/2023) malam ini. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menurut kalender Jawa, malam 1 Suro 2023 jatuh pada Selasa (18/7/2023) malam ini. Hal ini karena perhitungan pergantian hari terjadi ketika matahari terbenam.

Satu Suro diciptakan Sultan Agung dari Kerajaan Mataram (1613-1645) untuk mengawali Tahun Jawa atau Tahun Baru Saka

Sultan Agung mencipatakan Kalender Jawa dengan menggabungkan dengan sistem penanggalan Islam. Oleh karena itu 1 Suro bertepatan dengan tanggal 1 Muharram dalam Kalender Hijriah (Islam).

Bagi masyarakat Jawa, malam satu Suro dianggap sebagai malam yang sakral dan diperingati dengan berbagai ritual, seperti tirakat (menahan hawa nafsu atau berpantang) dan semadi (bermeditasi).

Oleh karena itu, di beberapa daerah seperti Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta, DIY sebagai penerus tradisi Mataram memiliki tradisi untuk merayakan malam 1 Suro.

Baca Juga: Doa Malam 1 Suro, Baca Ayat Kursi dan Doa Awal Tahun Baru Setelah Magrib

Di Solo, Keraton Surakarta biasanya mengadakan Kirab Satu Suro pada malam 1 Suro atau sehari sebelum tanggal 1 Suro, yang identik dengan arak-arakan kebo bule.

Sedangkan di Yogyakarta, Keraton Yogyakarta menyelenggarakan tradisi Mubeng Beteng dan Tapa Bisu pada malam 1 Suro.

Tidak hanya di Solo dan Yogyakarta, di Cirebon, Jawa Barat malam 1 Suro diperingati oleh Keraton Kanoman dengan menggelar pembacaan Babad Cirebon (Sejarah Cirebon).

Tradisi ini juga dilakukan di Magetan, Jawa Timut dengan upacara Andum Berkah Bolu Rahayu yang dipercaya mengandung doa-doa apabila memakannya.

Tidak hanya perayaan, malam 1 Suro juga identik dengan mistis. Berikut sejumlah larangan dan pantangan malam 1 Suro berkembang di antara masyarakat Jawa.

Baca Juga: Ini Pengertian Malam Satu Suro, Sejarah, Makna dan Peringatannya

Larangan Malam 1 Suro 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x