Kompas TV entertainment film

Kesan Cillian Murphy Jadi Pemeran Utama Oppenheimer, Besutan Sutradara Kesohor Christopher Nolan

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 04:05 WIB
kesan-cillian-murphy-jadi-pemeran-utama-oppenheimer-besutan-sutradara-kesohor-christopher-nolan
Oppenheimer, yang tayang di bioskop pada 21 Juli, menampilkan pemeran bintang termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer Kitty, Matt Damon sebagai pria yang mempekerjakan Oppenheimer untuk pekerjaan di Los Alamos, Robert Downey Jr. sebagai pendiri Komisi Energi Atom (Sumber: Oppenheimer Movie)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Pada hari Christopher Nolan menelepon Cillian Murphy tentang film barunya, "Oppenheimer", Murphy menutup telepon dengan tidak percaya.

Cillian Murphy, meski sering berakting dalam film Nolan selama hampir dua dekade, selalu menjadi pemain pendukung. Kali ini, Nolan ingin dia menjadi peran utama.

“Dia sangat bersahaja, merendahkan diri dan, dengan sikapnya yang sangat Inggris, hanya berkata, 'Dengar, saya menulis naskah, ini tentang Oppenheimer. Saya ingin Anda menjadi Oppenheimer saya,'” kata Cillian Murphy, 46, kepada The Associated Press awal tahun ini. “Itu hari yang menyenangkan.”

Bagi Murphy, sangat menyenangkan dapat telepon dari Nolan. Tidak sulit untuk memprediksi apakah dia akan melakukannya. Dia tahu ada beberapa film yang cocok untuknya dan beberapa film tidak cocok untuknya.

“Saya selalu mengatakan secara terbuka dan pribadi, kepada Chris, jika saya ada dan Anda ingin saya bermain film, saya ada di sana. Saya tidak terlalu peduli dengan ukuran perannya,” katanya. “Tapi jauh di lubuk hati, diam-diam, saya sangat ingin menjadi pemeran utama untuknya.”

Murphy pertama kali bertemu Nolan tahun 2003. Dia dibawa ke casting untuk Batman, bukan hanya filmnya, namun karakternya. Murphy tahu dia tidak cocok untuk Dark Knight, tapi dia ingin bertemu dengan pria yang menyutradarai "Insomnia" dan "Memento".

Mereka cocok dan Murphy memanfaatkan intensitas yang menyeramkan untuk memerankan psikiater korup Dr. Crane / Scarecrow, yang kemudian muncul di ketiga film tersebut. Nolan juga akan meminta Murphy untuk menjadi pewaris kerajaan bisnis yang berkonflik di "Inception" dan seorang prajurit yang trauma di "Dunkirk".

Baca Juga: Robert Downey Jr Gabung Cillian Murphy Bintangi Film Baru Christopher Nolan

Matt Damon dan Cillian Murphy beradu akting dalam Oppenheimer besutan sutradara kesohor Christopher Nolan. Oppenheimer, yang tayang di bioskop pada 21 Juli, menampilkan pemeran bintang termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer Kitty, Matt Damon sebagai pria yang mempekerjakan Oppenheimer untuk pekerjaan di Los Alamos, Robert Downey Jr. sebagai pendiri Komisi Energi Atom. (Sumber: AP Photo)

“Kami punya pemahaman dan kepercayaan yang sudah lama ada, serta kedekatan dan rasa hormat,” kata Murphy. “Rasanya seperti waktu yang tepat untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Dan kebetulan itu adalah yang sangat besar."

Segera setelah panggilan telepon, Nolan terbang ke Dublin untuk bertemu Murphy dan memberinya salinan fisik naskah, yang dia baca habis di kamar hotel Nolan. Itu, katanya, naskah yang terbaik yang pernah dia baca.

Kemudian skalanya mulai meresap. Ini akan menjadi film tentang fisikawan teoretis karismatik dan kontroversial yang membantu menciptakan bom atom.

Oppenheimer dan rekan-rekannya di Los Alamos akan mengujinya pada 16 Juli 1945, tanpa mengetahui apa yang akan terjadi. Ada kemungkinan walau sangat kecil bahwa panas dari ledakan dapat memicu reaksi berantai yang akan menyulut atmosfer dan benar-benar membakar dunia.

Ternyata tidak, tetapi beberapa minggu kemudian Amerika Serikat menjatuhkan bom-bom itu di kota-kota Jepang di Hiroshima dan Nagasaki, menewaskan puluhan ribu orang dan menyebabkan banyak orang terluka seumur hidup.

Segera, Amerika Serikat bekerja untuk memperkuat persenjataan nuklirnya, mengembangkan rencana untuk mengerjakan senjata yang lebih dahsyat lagi: bom hidrogen.

Seperti yang dikatakan Nolan, "Suka atau tidak, J. Robert Oppenheimer adalah orang terpenting yang pernah hidup."

Baca Juga: Siap-siap! Film Terbaru Christopher Nolan 'Oppenheimer' Tayang 2023, Gandeng Cillian Murphy

Matt Damon dan Cillian Murphy beradu akting dalam Oppenheimer besutan sutradara kesohor Christopher Nolan. Oppenheimer, yang tayang di bioskop pada 21 Juli, menampilkan pemeran bintang termasuk Emily Blunt sebagai istri Oppenheimer Kitty, Matt Damon sebagai pria yang mempekerjakan Oppenheimer untuk pekerjaan di Los Alamos, Robert Downey Jr. sebagai pendiri Komisi Energi Atom. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x