Kompas TV entertainment film

Vietnam Larang Film "Barbie" Karena Tampilkan Peta Wilayah Laut China Selatan yang Diklaim China

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 11:20 WIB
vietnam-larang-film-barbie-karena-tampilkan-peta-wilayah-laut-china-selatan-yang-diklaim-china
Film Barbie akan tayang di Indonesia pada akhir bulan Juli ini. Namun ternyata film itu dilarang di Vietnam. Pasalnya, film produksi Warner Bros itu menampilkan peta yang menunjukkan wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan. (Sumber: Instagram @wbpictures)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Film "Barbie" akan tayang di Indonesia pada akhir bulan Juli ini. Namun ternyata film itu dilarang di Vietnam. Pasalnya, film produksi Warner Bros itu menampilkan peta yang menunjukkan wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan.

Yakni berupa “Sembilan garis putus-putus” berbentuk U digunakan pada peta China untuk melukiskan klaimnya atas wilayah yang luas di Laut China Selatan, termasuk wilayah yang dianggap Vietnam sebagai landas kontinennya.

"Barbie", yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling, semula dijadwalkan tayang di Vietnam pada 21 Juli atau bersamaan sama dengan jadwal pemutaran di AS, kata surat kabar milik pemerintah Tuoi Tre.

"Kami tidak mengeluarkan izin kepada film Amerika, 'Barbie', untuk ditayangkan  di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," tulis Tuoi Tre dalam laporannya, mengutip Kepala Departemen Perfilman Vietnam Vi Kien Thanh.

Baca Juga: 10 Film yang Dirilis Juli 2023 di Bioskop, Ada 'Barbie', 'Oppenheimer' hingga 'Kutukan Peti Mati'

Warner Bros belum mengomentari soal larangan ini. "Barbie" adalah film kesekian yang dilarang ditayangkan oleh Vietnam karena menggambarkan sembilan garis putus-putus China tersebut. 

Vietnam berpendapat klaim Beijing itu sudah ditolak oleh Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda pada 2016. Namun China menolak mengakui keputusan tersebut.

Pada 2019, pemerintah Vietnam juga pernah menarik film animasi keluaran DreamWorks "Abominable".

Lalu pada 2022 Vietnam melarang film laga produksi Sony berjudul "Unchartered" karena alasan yang sama dengan pelarangan "Barbie".

Baca Juga: Ironis, Sutradara Film Titanic Lihat Ada Kesamaan Tragedi Kapal Selam Titan dan Tenggelamnya Titanic

Selain itu, pada 2021 layanan streaming Netflix juga menghapus drama spionase produksi Australia  berjudul "Pine Gap".

Vietnam dan China sejak lama saling mengklaim berdaulat atas  wilayah yang berpotensi memiliki energi besar di Laut China Selatan. Hanoi berulang kali menuding kapal-kapal China melanggar wilayah kedaulatannya.


Selain Vietnam, sejumlah negara Asia Tenggara juga berebut klaim teritorial atas perairan tersebut, yakni Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Dalam trailer resmi yang dirilis Warner Bros, penonton dibawa ke rumah impian tempat Ken (Ryan Gosling) dan Barbie (Margot Robbie) menjalani kehidupan yang hanya dapat diimpikan dari beberapa mainan keluaran Mattel Toys.

Baca Juga: Jennie BLACKPINK Disebut bakal Tampil dalam Film Marvel, Jadi Superhero Luna Show, Apa Kekuatannya?

Meskipun trailer-nya tidak mengungkapkan terlalu banyak tentang alur cerita di depan, cuplikan tersebut menunjukkan Ken dan Barbie menuju ke dunia nyata di mana mereka harus bergulat dengan kesulitan karena tidak lagi hanya menjadi boneka.

Sementara Barbie adalah bintang utama dari film tersebut, para penggemar tak mungkin mengacuhkan para tamu istimewa yang datang untuk merasakan dunia Barbie Land yang penuh warna.

America Ferrera, Kate McKinnon, Dua Lipa, Helen Mirren, Issa Rae dan Will Ferrell adalah beberapa selebriti yang mendapat peran dalam film tersebut. Terlebih, Simu Liu siap menghadapi Ryan Gosling dalam pertempuran atar dua orang Ken.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x