Kompas TV entertainment musik

Baekhyun, Xiumin dan Chen Putus Kontrak dengan SM Entertainment, EXO Dalam Krisis?

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 16:02 WIB
baekhyun-xiumin-dan-chen-putus-kontrak-dengan-sm-entertainment-exo-dalam-krisis
Tiga anggota EXO, yaitu Chen, Xiumin, dan Baekhyun, resmi memutus kontrak mereka dengan agensi SM Entertainment, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV - Tiga anggota EXO, Baekhyun, Xiumin dan Chen, membuat keputusan mengejutkan dengan memutus kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment.

Dilansir The Straits Times, perwakilan hukum dari ketiga artis tersebut mengumumkan pada Kamis (1/6/2023) bahwa mereka telah memberi tahu SM Entertainment tentang pemutusan kontrak eksklusif.

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, kami telah berulang kali meminta SM Entertainment untuk memberikan salinan materi dan bukti pembayaran," kata pengacara mereka, Mr Lee Jae-hak, dalam sebuah pernyataan.

"Tapi SM Entertainment telah mempertahankan pendiriannya yang tidak masuk akal untuk tidak memberikan dokumen tersebut."

“Oleh karena itu, mulai 1 Juni, hari ini, kami memberi tahu (SM Entertainment) tentang pembatalan kontrak eksklusif (tiga artis) yang ada dengan SM."

Pernyataan pengacara ketiga artis itu juga memuat rincian dalam kontrak eksklusif mereka di mana SM Entertainment harus membayar Baekhyun, Xiumin dan Chen, dua kali setahun dan memberikan catatan penyelesaian dan dokumen bukti yang sesuai.

Akan tetapi, selama 12 hingga 13 tahun terakhir, SM Entertainment, salah satu agensi terbesar di Korea Selatan, disebut tidak memberikan materi yang sesuai.

Belum lama ini, para artis dilaporkan meminta dokumen tersebut melalui pengacara mereka. Namun SM Entertainment menolak permintaan tersebut.

Atas dasar hal itu, tiga anggota EXO itu pun meminta kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment dibatalkan.

Baekhyun, Xiumin dan Chen bahkan akan melayangkan tuntutan hukum kepada SM Entertainment untuk mengeklaim pembayaran mereka yang belum diselesaikan.

"Sambil menandatangani kontrak jangka panjang 12 hingga 13 tahun dengan artisnya, SM membuat artisnya menandatangani kontrak eksklusif lain ketika masa kontrak awal berakhir, yang mengarah ke masa perpanjangan setidaknya 17 hingga 18 tahun,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Boyband Korea Selatan EXO-SC Janji akan Kembali Temui Penggemar di Indonesia dalam Waktu Dekat



Sumber : The Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x