Kompas TV entertainment selebriti

Harry Belafonte, Aktivis dan Entertainer, Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Kompas.tv - 26 April 2023, 06:25 WIB
harry-belafonte-aktivis-dan-entertainer-meninggal-dunia-di-usia-96-tahun
Harry Belafonte, sosok pahlawan hak sipil dan tokoh hiburan yang memulai karier sebagai aktor dan penyanyi yang revolusioner dan kemudian menjadi seorang aktivis, pejuang kemanusiaan, dan suara nurani dunia, meninggal dunia pada usia 96 tahun hari Selasa, (25/4/2023) (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Harry Belafonte, sosok pahlawan hak sipil dan tokoh hiburan yang memulai karier sebagai aktor dan penyanyi yang revolusioner dan kemudian menjadi seorang aktivis, pejuang kemanusiaan, dan suara nurani dunia, meninggal dunia pada usia 96 tahun hari Selasa, (25/4/2023), seperti dilaporkan Associated Press, Rabu, (25/4/2023).

Belafonte meninggal dunia hari Selasa, (25/4/2023) karena gagal jantung kongestif di rumahnya di New York, dengan istrinya Pamela berada di sampingnya, kata juru bicara Ken Sunshine.

Dengan wajah tampan yang berseri dan suara serak halusnya, Belafonte adalah salah satu penampil kulit hitam pertama yang mendapatkan banyak pengikut dalam dunia film dan berhasil menjual jutaan rekaman sebagai penyanyi; banyak yang masih mengenalnya karena lagu hit andalannya "Banana Boat Song (Day-O)" dan seruannya "Day-O! Daaaaay-O."

Namun, ia meninggalkan warisan yang lebih besar ketika ia mengurangi karier panggungnya pada tahun 1960-an dan menjalani hidupnya sesuai dengan prinsip yang dinyatakan oleh pahlawan Paul Robeson bahwa seniman adalah "pemegang kunci kebenaran."

Belafonte menjadi teladan dan simbol dari aktivis selebritas. Hanya sedikit orang yang bisa menyamai waktunya dan komitmennya, dan tak ada yang bisa menyamai posisinya sebagai titik temu antara Hollywood, Washington, dan Gerakan Hak Sipil.

Belafonte tidak hanya berpartisipasi dalam unjuk rasa dan konser amal, tetapi juga membantu mengorganisir dan mengumpulkan dukungan untuk mereka. Ia bekerja erat dengan teman sekaligus rekan seangkatannya, Pendeta Martin Luther King Jr., sering kali ikut campur dalam urusannya dengan para politisi dan rekan artis, serta membantunya secara finansial.

Beliau mengambil risiko terhadap hidup dan mata pencahariannya, dan menetapkan standar tinggi bagi selebritas kulit hitam yang lebih muda, mengingatkan Jay-Z dan Beyoncé karena gagal memenuhi "tanggung jawab sosial" mereka, dan menjadi mentor bagi Usher, Common, Danny Glover, dan banyak orang lainnya. 

Dalam film "BlacKkKlansman" karya Spike Lee pada tahun 2018, Belafonte diberikan peran yang sesuai sebagai seorang negarawan tua yang mengajari para aktivis muda tentang sejarah negara.

Baca Juga: Sabah Fakhri, Penyanyi Legendaris Dunia Arab, Meninggal di Usia 88 Tahun


Teman dekat Belafonte, pemimpin gerakan hak sipil Andrew Young, mengakui bahwa Belafonte adalah salah satu orang yang jarang ditemui yang semakin radikal seiring bertambahnya usia.

Belafonte telah menjadi seorang seniman besar sejak tahun 1950-an. Ia memenangkan Penghargaan Tony pada tahun 1954 untuk peran utamanya dalam "Almanac" karya John Murray Anderson dan lima tahun kemudian menjadi performer kulit hitam pertama yang memenangkan Emmy untuk acara TV "Tonight with Harry Belafonte".

Pada tahun 1954, ia bermain bersama Dorothy Dandridge dalam musikal "Carmen Jones" yang disutradarai oleh Otto Preminger, yang menjadi terobosan populer untuk pemeran kulit hitam.

Film "Island in the Sun" pada tahun 1957 dilarang di beberapa kota di Selatan, di mana pemilik teater diancam oleh Ku Klux Klan karena percintaan antar-ras antara Belafonte dan Joan Fontaine.

Album "Calypso"-nya yang dirilis pada tahun 1955 menjadi album solo pertama yang mendapat sertifikasi penjualan sejuta kopi secara resmi, dan memulai kegemaran nasional terhadap irama Karibia (Belafonte tidak begitu suka, tetapi dipanggil sebagai "Raja Calypso").

Penggemar Belafonte termasuk Bob Dylan yang masih muda, yang debut dalam rekaman pada awal tahun 1960-an dengan memainkan harmonika dalam lagu "Midnight Special" milik Belafonte.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x