Kompas TV entertainment lifestyle

5 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta, Wisata Air hingga Suasana Eropa

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 18:24 WIB
5-rekomendasi-tempat-liburan-akhir-tahun-di-yogyakarta-wisata-air-hingga-suasana-eropa
Embung Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta (Sumber: Grid.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Daerah Istimewa Yogyakarta sepertinya masih menjadi tujuan wisata primadona bagi sebagian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati liburan akhir tahun.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, Yogyakarta diprediksi akan didatangi 4 juta wisatawan pada periode liburan Natal 2022 dan tahun baru 2023.

"Jumlah penduduk DIY sekitar 3,7 juta, kalau masuk 4 juta orang, total sekitar 7 jutaan lah di DIY," kata Dwipanti, Kamis (15/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

Yogyakarta memang dikenal sebagai kota dengan segudang tempat wisata ikonik, salah satunya Titik Nol dan Jalan Malioboro yang tak pernah sepi pengunjung.

Selain itu, Yogyakarta juga dekat dengan objek wisata sejarah yakni Candi Prambanan yang terletak di Klaten, Jawa Tengah.

Bagi Anda yang ingin suasana baru pada liburan akhir tahun 2022 di Yogyakarta kali ini, berikut 5 rekomendasi objek wisata yang patut dikunjungi.

1. Embung Grigak

Embung Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta (Sumber: Grid.id)

Embung Grigak terletak di dekat Pantai Grigak tepatnya di Petung, Giriwungu, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Embung atau sarana penampungan air hujan itu awalnya dibangun untuk irigasi petani, namun seiring perkembangan, Embung Grigak banyak didatangi karena pemandangannya yang instagramable.

Bagaimana tidak, selain pemandangan embung, wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan Pantai Grigak yang jaraknya hanya 40 meter dari embung.

Selain itu, menikmati matahari tenggelam atau sunset di Embung Grigak menjadi salah satu tujuan utama wisatawan datang ke lokasi tersebut.

Baca Juga: 5 Wisata Gunung Kidul yang Hits, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun 2022

2. Lalisa Farmers Village

Lalisa Farmers Village, Yogyakarta. (Sumber: bca.co.id)

Jika Anda berencana berlibur dengan keluarga, Lalisa Farmers Village bisa menjadi salah satu pilihan.

Spot wisata ini berjarak sekitar 25 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Wates KM 14, Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x