Kompas TV entertainment selebriti

Meninggal di Usia 84 Tahun, Ini Profil Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di "Si Doel"

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 13:25 WIB
meninggal-di-usia-84-tahun-ini-profil-aminah-cendrakasih-pemeran-mak-nyak-di-si-doel
Pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan”, Aminah Cendrakasih meninggal dunia, Rabu (21/12/2022). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aminah Cendrakasih yang lebih dikenal sebagai pemeran Mak Nyak dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (21/12/2022) sekira pukul 20.00 WIB.

Aminah meninggal dunia di usia 84 tahun setelah sempat berjuang melawan penyakit glaukoma hingga mengalami kehilangan penglihatan sejak 2007 silam.

Jenazah  akan dimakamkan di di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Lantas, seperti apa sosok Aminah Cendrakasih dan perjalanan karirnya di dunia hiburan Tanah Air? Berikut profilnnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Biodata Aminah pemeran ‘Mak Nyak’

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Diberitakan Harian Kompas, Mak Nyak mulai main film sejak 1956. Saat itu ia berusia 18 tahun.

Awal kariernya di dunia film, Aminah berperan sebagai gadis manja dan judes. Peran itu dinilai cocok karena pembawaan dan raut wajahnya. Namun sebenarnya, Aminah sempat mengaku jika peran judes tersebut bertentangan dengan pembawaannya sehari-hari.

Di kehidupan nyata, Mak Nyak mengakui bahwa dirinya bukan sosok yang galak. Mak Nyak senang humor dan ramah. "Tapi banyak yang mengatakan saya lebih cocok jadi orang galak dan judes. Bagi saya, saya menyenangi semua peran kecuali yang porno," ungkapnya.

Baca Juga: Pemeran Mak Nyak dalam "Si Doel" Dimakamkan Di TPU Karet Bivak, Sampaikan Keinginan Terakhirnya

Aminah Cendrakasih, dikenal sebagai pemeran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. (Sumber: Grid.id/Doc.Instagram)

Keluarga Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih merupakan anak dari pasangan Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah. Sang ayah merupakan aktor sandiwara pada zaman penjajahan Belanda. Tak heran jika darah seni mengalir di tubuh Aminah.

Aminah menikah dengan pria asli Betawi bernama Idris di tahun 1959. Dari pernikahannya tersebut, Aminah dan Idris dikaruniai 7 orang anak, yakni 4 putra dan 3 putri.

Sang suami diketahui telah meninggal dunia pada tahun 1986. Sejak saat itu, Aminah pun tak mau menikah lagi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x