Kompas TV entertainment lifestyle

Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami, Lakukan 7 Kebiasaan Ini!

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 21:08 WIB
cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami-lakukan-7-kebiasaan-ini
Ilustrasi. 7 kebiasaan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, antara lain sarapan dan tidur yang cukup. (Sumber: i yunmai on Unsplash)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak orang berupaya menurunkan berat badan untuk mendapat bentuk tubuh impian. Tak sedikit dari mereka yang tergiur dengan cara-cara instan berisiko. Semisal, diet dengan mengonsumsi obat pelangsing badan.

Ketimbang menggunakan cara-cara seperti itu, ada baiknya Anda menurunkan berat badan secara alami.

Mengutip Weight Management: State of the Science and Opportunities for Military Programs dalam jurnal NCBI, dijelaskan bahwa "komponen terpenting dari program manajemen berat yang efektif adalah mencegah kelebihan lemak tubuh."

Baca Juga: Bagaimana Protein Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan? Ini Menurut Pakar Gizi

Prinsip kenaikan berat badan sebenarnya sederhana, itu terjadi ketika asupan energi melebihi energi yang dikeluarkan. Sejumlah faktor, seperti genetik dan gaya hidup kemudian jadi berpengaruh.

"Bukti menunjukkan bahwa genetika berperan dalam etiologi kelebihan berat badan dan obesitas," terang buku terbitan Institute of Medicine itu.

Lebih lanjut disebutkan, ada anomali di mana genetika tak dapat menjelaskan peningkatan kelebihan berat badan pada populasi di Amerika Serikat selama dua dekade terakhir.

Sebaliknya, justru faktor gaya hidup diduga mendorong individu terjangkit obesitas. Contohnya, minim aktivitas fisik, tetapi makan terlalu banyak dan tak diimbangi keluarnya energi yang sepadan.

Oleh karena itu, mengubah perilaku menuju gaya hidup sehat adalah cara terbaik menurukan berat badan secara alami.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bikin Berat Badan Turun?

7 Kebiasaan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan




Sumber : Kompas TV/NCBI/NHS


BERITA LAINNYA



Close Ads x