Kompas TV entertainment lifestyle

Awas! Ini 5 Kesalahan Umum saat Menggunakan Serum, Jangan Sampai Mubazir

Kompas.tv - 3 November 2022, 15:00 WIB
awas-ini-5-kesalahan-umum-saat-menggunakan-serum-jangan-sampai-mubazir
5 kesalahan umum saat menggunakan serum. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serum merupakan salah satu produk perawatan kulit yang tengah banyak diminati, tetapi tak sedikit orang yang melakukan kesalahan saat menggunakannya.

Meski memiliki peminat yang banyak, pengguna serum tidak sebanyak pengguna pelembab atau produk perawatan kulit atau skincare lainnya. Tak heran jika banyak orang tak tahu cara yang benar dalam mengaplikasikan serum.

Hanya 2-3 tetes cairan atau gel saja, mampu memberikan manfaat pada kulit Anda. Namun, Anda harus melakukannya dengan benar agar serum dapat ‘ngefek’ dan memberikan perubahan pada wajah.

Baca Juga: Ternyata Kebiasaan dan Pola Hidup Kita Juga Termasuk Skincare, Percaya?

5 Kesalahan Umum saat Menggunakan Serum

1. Pipet menempel ke kulit wajah

Dilansir Only My Health, kesalahan umum saat menggunakan serum yang paling banyak terjadi adalah menempelkan pipet atau penetes ke kulit secara langsung.

Hal itu justru membuat pipet terkontaminasi dan dapat meningkatkan risiko infeksi atau iritasi kulit wajah.

Coba untuk mengoleskan serum ke tangan Anda, lalu oleskan ke seluruh wajah. Jangan lupa untuk cuci tangan dan cuci muka sebelum mengaplikasikan serum.

2. Menggosok serum

Sebagian dari kita mungkin mengaplikasikan serum dengan cara menggosokkannya ke wajah. Jangan heran jika wajah Anda berjerawat setelah menggunakan serum.

Cukup tepuk-tepuk lembut serum ke wajah, sembari memijat secara perlahan dengan gerakan ke atas dan melingkar. Dengan demikian, serum akan meresap maksimal meski hanya menggunakannya dengan jumlah sedikit.


Baca Juga: Tips Mengaplikasikan Serum Wajah yang Benar dan Hasil Maksimal yang Jarang Diketahui

3. Salah urutan 

Dikutip dari Pure Fiji, salah urutan dalam menggunakan rangkaian skincare juga menjadi kesalahan umum. Jika Anda memiliki beberapa produk skincare selain serum, perhatikan urutan pemakaiannya.

Serum yang digunakan setelah pemakaian tabir surya atau sunscreen dan pelembab, justru membuat serum sulit meresap ke kulit.

Urutan yang benar adalah cuci muka menggunakan facial wash, kemudikan aplikasikan toner jika ada, baru menggunakan serum.

Tunggu beberapa detik (tidak lebih dari satu menit), baru oleskan pelembab atau moisturizer, dan terakhir suncreen.

4. Menggunakan serum terlalu banyak

Less is more adalah kunci mengaplikasikan serum wajah. Tak seperti pelembab atau sunscreen, serum memang diformulasikan untuk penggunakan yang sangat sedikit.

Menggunakannya terlalu banyak justru tidak menghasilkan hasil yang maksimal dan malah membuat wajah berminyak. Cukup ambil 3-4 tetes serum.

Baca Juga: Kata Dokter soal Kebiasaan Minum Kopi Sachet: Takaran dan Efek Sampingnya

5. Tidak membersihkan wajah

Agar serum meresap dengan sempurna ke kulit, aplikasikan saat kulit dalam keadaan bersih. Kulit yang bersih akan membuat serum masuk jauh ke lapisan kulit tanpa penyumbatan.



Sumber : Oh My Health, Pure Fiji


BERITA LAINNYA



Close Ads x