Kompas TV entertainment lifestyle

Makanan dan Minuman untuk Redakan Gejala Flu dan Batuk, Mudah dan Menyegarkan

Kompas.tv - 14 September 2022, 10:45 WIB
makanan-dan-minuman-untuk-redakan-gejala-flu-dan-batuk-mudah-dan-menyegarkan
Ilustrasi orang yang sedang terjangkit flu. (Sumber: Thinkstock/Wavebreakmedia Ltd)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu, kadang hujan tapi kadang panas membuat tubuh lebih rentan terkena serangan flu dan batuk.

Meskipun ada obat-obatan yang tersedia, pengobatan rumahan yang hampir tidak memiliki efek samping tetap jadi pilihan favorit keluarga.

Selain pengobatan rumahan, mengonsumsi makanan sehat untuk mempercepat proses penyembuhan agar gejala tidak semakin parah.

Ketika mengalami gejala batuk dan pilek, hal pertama yang bisa dilakukan adalah meningkatkan imun tubuh dengan makanan dan minuman yang sehat.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. dr. Inggrid Tania, MSi., mengatakan beberapa bahan alami bisa mengobati flu.

"Kalau untuk flu, bisa cepat juga sembuhnya dengan herbal. Tiga hari atau 5 hari bisa sembuh," kata Inggrid kepada Kompas.com.

"Tentu dibarengi dengan istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan juga," lanjutnya.

Baca Juga: Benar Nggak sih, Mengonsumsi Es Krim Bisa Bikin Anak Batuk & Pilek?

Berikut makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat flu dan batuk menyerang, melansir dari Healthline.

1. Air jeruk nipis dengan kayu manis dan madu

Ramuan kuno ini cocok diminum saat Anda sakit tenggorokan. Melansir berbagai sumber, Anda hanya perlu memeras jus lemon segar ke dalam gelas, tambahkan sejumput kayu manis dan satu sendok madu untuk rasa manis.

2. Sup ayam

Sup ayam jadi pilihan terbaik saat tubuh sedang tidak fit. Semangkuk sup ayam yang direbus bersama sayuran memiliki nutrisi yang bisa mempercepat proses penyembuhan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x